Tips Memilih Bakso Yang Sehat Dan Lezat

Foto Blogger
Foto Blogger

Jakarta,Sayangi.com- Bakso salah satu makanan yang disukai oleh sebagian besar masyarakat Indonesia lintas usia. Tak hanya nikmat, bakso juga bisa menyegarkan tubuh. Namun pembaca tentu kerap mendengar bakso yang dibuat dengan campuran bahan kimia berbahaya layaknya boraks.

Hal tersebut membuat seseorang ragu untuk mengkonsumsinya. Inilah tips memilih bakso yang sehat dan berkualitas.

1.Lihat Warnanya
Bakso dengan warna abu-abu menandakan menggunakan daging sapi dalam jumlah cukup banyak. Sementara bakso yang warnanya pucat tandanya banyak menggunakan tepung terigu atau bahan tambahan lain.

Bakso yang baik menggunakan daging segar tanpa pengawet memiliki warna yang lebih gelap, biasanya berwarna abu-abu. Pada dasarnya bakso memiliki warna abu-abu. Hal ini menandakan adanya daging sapi yang dicampurkan pada bulatan bakso dalam jumlah yang cukup banyak.

Jika warna bakso cenderung lebih pucat, maka hal ini menandakan banyaknya bahan tepung terigu dan juga bahan tambahan lainnya. Bakso dengan kandungan boraks biasanya memiliki warna cenderung kekuningan yang mirip dengan karet.

2.Cek aroma bakso
Normalnya bakso akan memiliki aroma daging yang khas. Jika  justru menemukan aroma layaknya bahan kimia, bisa jadi bakso tersebut sudah ditambahi boraks.

3.Cek Tingkat Kekenyalan
Kualitas daging yang dicampurkan pada bakso bisa mempengaruhi tingkat kekenyalan bakso.

Jika daging sapi yang digunakan memiliki kualitas yang bagus, maka bakso akan terasa lebih kenyal dengan tekstur yang sedikit garing. Apabila bakso bahannya lebih banyak menggunakan tepung, maka teksturnya cenderung kenyal namun keras.

4.Daya Tahan Bakso
Bakso termasuk produk pangan yang berpotensi mendapat campuran bahan kimia.Di dalam suhu ruangan, bakso seharusnya hanya akan mampu bertahan selama empat hari saja.

Jika bakso  dimasukkan di dalam lemari es, maka bakso bisa bertahan hingga seminggu. Hanya saja, jika menemukan bakso yang mampu bertahan lebih lama dari waktu tersebut, bisa jadi bakso sudah ditambahi bahan pengawet.

Berbagai Sumber.