Halmahera Disatroni Gempa Susulan,Warga Panik

IlustrasiEmosi. Foto Daily Mail
Ilustrasi Emosi ,Foto Daily Mail

Halmahera,Sayangi.com- Gempa bumi 4,7 Skala Richter melanda Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara, pada Kamis (28/9), mengakibatkan delapan rumah warga Desa Guaria Kecamatan Jailolo mengalami kerusakan ringan. Gempa tersebut juga mengakibatkan dua warga mengalami luka akibat gempa itu.

“Gempa yang berkali kali menyebabkan , sekolah diliburkan hingga batas waktu belum tahu.  Karena dilihat dari situasi gempa berakhir tidak memungkinkan para siswa bersekolah,” ungkap  Wabup Halbar, Ahmad Zakir Mando hari Kamis.

Sedangkan, dari keterangan yang diperoleh petugas BPBD menyebutkan kurang lebih 8 rumah warga telah rusak data sementara, sampai saat ini pukul 18.20 wit sering kali warga masih merasakan gempa.

Gempa bumi yang melanda Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara (Malut) secara berturut-turut mulai dari 1,6 SR (skala richter) sampai 3,9 SR, kemarin sore mencapai 4,0 kemudian 4,2 dan sore 4,7 SR membuat warga setempat panik.

Beberapa warga kampung Jailolo, mengatakan sejumlah kerabat dan tetangganya terpaksa menyelamatkan diri ke tempat yang aman dari goncangan gempa bumi yang terjadi dalam beberapa kali.

Sehingga, mereka bersama keluarganya mencari tempat yang aman, karena gempa yang berlangsung beberapa kali itu membuat anggota keluarga panik. Kepala Stasiun Geofisika Ternate, Kustoro Hariyatmoko ketika dihubungi mengatakan, gempat yang terjadi sejak siang tadi ada sekitar 330 kali.

Sedangkan, untuk magnitudo gempa bumi yang tercatat menunjukkan peningkatan dari pagi hingga sore tadi, karena gempa bumi yang terjadi ini, ada kemiripan dengan gempa bumi yang terjadi di Halmahera Barat tahun 2015 lalu.

Kustoro menjelaskan gempa ini lebih disebabkan adanya deformasi batuan di bawah permukaan di wilayah daratan Halmahera Barat.

Sumber: Berbagai Sumber