Jonru Ginting Ditetapkan Tersangka dan Langsung Ditahan

Jonru Ginting (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Penyidik Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menetapkan pegiat media sosial Jonru Ginting sebagai tersangka dalam kasus dugaan ujaran kebencian.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, mengatakan, penyidik menetapkan Jonru sebagai tersangka karena dalam pemeriksaan ditemukan bukti-bukti pria itu melanggar pasal yang dituduhkan.

“Tadi malam yang bersangkutan ditetapkan sebagai tersangka. Berdasarkan keterangan saksi dan ahli,” ujarnya.

Menurut Argo, hingga saat ini, Jonru masih menjalani pemeriksaan di ruang penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya. “Sekarang pemeriksaan sebagai tersangka,” ucapnya.

Sementara itu pengacara Jonru, Djuju Purwantoro, mengatakan kliennya saat ini sudah ditahan.

“Pemeriksaan dari sore kemarin itu sampai lewat tengah malam tuh, dinihari, sebetulnya dari proses penyelidikan, tiba-tiba tersangka, langsung ditahan,” ujar pengacara Jonru, Djuju Purwantoro kepada wartawan, Jumat (29/9/2017).

Pasca ditetapkan sebagai tersangka, Djudju mengatakan, penyidik langsung membawa Jonru ikut serta dalam penggeledahan. Kemudian Jonru kembali di bawa ke ruang tahanan Polda Metro Jaya.

“Langsung di bawa ke rumahnya untuk penggeledahan, ya sekitar jam dua atau jam tiga,” ungkapnya.

Djuju menyayangkan pengusutan kasus tersebut yang terkesan dipaksakan. Menurut dia, kliennya baru diperiksa satu kali langsung ditetapkan menjadi tersangka dan akhirnya ditahan.

Untuk diketahui, Jonru dilaporkan oleh Muannas Alaidid ke Polda Metro Jaya terkait ujaran kebencian. Politikus Partai Nasdem ini menilai unggahan-unggahan Jonru di akun sosial Facebook-nya diduga mengandung unsur SARA.