BNN Gagalkan Penyelundupan 25 Kilo Sabu Asal Malaysia, Satu Pelaku Ditembak Mati

Deputi Pemberantasan BNN Irjen Pol Arman Depari

Jakarta, Sayangi.com – Badan Narkotika Nasional (BNN) berhasil mengamankan sebanyak 25 kilogram narkoba jenis sabu. Kepala Deputi Pemberantasan BNN Irjen Pol Arman Depari mengatakan, modus yang digunakan oleh jaringan internasional ini adalah dengan menyembunyikan sabu tersebut di dalam speaker.

“Tim BNN telah mengungkap jaringan narkotika Internasional Malaysia-Indonesia, dengan modus disembunyikan didalam speaker mobil,” ujar Arman dalam keterangan tertulisnya, Jumat (6/10).

Dalam kasus tersebut, kata Arman, pihaknya berhasil mengamankan dua orang tersangka, yakni Jafar dan Zaini. Salah satu pelaku, yakni Jafar akhirnya tewas karena ditembak oleh petugas yang mengamankan dirinya.

“Keduanya merupakan WNI, mereka ditangkap di Jalan Lintas Timur Sumatera, Pekanbaru-Duri KM.76 Pekanbaru, Riau,” jelasnya.

Selain sabu, menurut Arman, pihaknya juga berhasil mengamankan 25.000 pil ekstasi yang didatangkan dari Malaysia. Rencananya, sabu dan ekstasi tersebut akan diedarkan di Sumatera dan Jawa. Narkoba tersebut dibawa oleh para pelaku dari Medan dengan menggunakan mobil CRV berwarna hitam oleh Zaini.

“Peran dari tersangka Jafar sendiri adalah mengendalikan peredaran sekaligus memandu perjalanan menuju pemesan,” terangnya.

Untuk Jafar sendiri, kata Arman, akhirnya tewas dalam perjalanan ke rumah sakit. Tindakan tegas itu dilakukan lantaran Jafar mencoba melarikan diri saat diamankan.

“Saat ini jenazah berada di RS Bhayangkara Pekanbaru, Riau. Sedangkan tersangka yang lain berikut barang bukti dibawa tim BNN ke Jakarta untuk dilakukan proses sidik,” tukasnya.