Korea Utara Siapkan Tes Rudal Yang Mampu Jangkau AS

Foto Time Magazine
Foto Time Magazine

Pyongyang,Sayangi.com– Salah seorang anggota parlemen Rusia Anton Morozov yang baru pulang setelah lima hari berkunjung ke Pyongyang membocorkan bahwa Korut bersiap menguji rudal balistik antar benua.

Uji peluru kendali tersebut ia sebut akan mampu menghantam daratan wilayah Amerika Serikat (AS)

Delegasi Rusia anggota parlemen itu mengungkapkan pejabat Korut melakukan persiapan secara matang. Iapun mengatakan pejabat Korut telah menunjukkan bahwa rudal ICBM yang hendak diuji coba itu dapat mencapai target di pantai barat AS. Namun, dia tidak merinci tanggal pasti uji coba senjata Korut ini.

Bocoran rencana manuver Pyongyang ini muncul beberapa hari setelah seorang pejabat CIA mengungkapkan bahwa Kim Jong-un dapat meluncurkan rudal baru atau melakukan uji coba senjata nuklir lagi pada minggu depan.

Kepada kantor berita RIA Novosti, Morozov mengatakan bhawa Korut sedang mempersiapkan sebuah tes baru untuk rudal jarak jauh. Masih menurut klaim Morozov Korut sedang mempersiapkan sebuah tes baru untuk rudal jarak jauh,”imbuhnya.

”Mereka bahkan menerangkan kami secara detil matematis yang mereka yakini sebagai bukti bahwa rudal mereka bisa melanda pantai barat Amerika Serikat,” beber Morozov.

Dia juga menggambarkan kota Pyongyang saat ini seperti “mirip perang”. ”Dalam waktu dekat, mereka akan melakukan.  Sejauh yang kami tahu, masih ada peluncuran rudal lagi, tapi kali ini dengan rentang yang lebih panjang,” imbuh politikus Rusia ini.

Morozov merupakan delegasi Rusia yang melakukan kunjungan resmi ke Pyongyang minggu ini guna membahas kerja sama bilateral antara Kedutaan Besar Rusia untuk Korea Utara. Dia tercatat sebagai anggota Komite Urusan Internasional Duma Negara Rusia.

Politikus Moskow ini telah meminta Rusia melakukan intervensi segera terkait situasi di semenanjung Korea untuk menghindari perang baru.

Awal pekan ini, Yong Suk Lee, Wakil Direktur Direktur Pusat Misi Korea CIA, mengungkapkan bahwa provokasi terbaru Korea Utara dapat terjadi pada Selasa depan saat negara ini merayakan berdirinya Partai Buruh Korea.

Dia memprediksi, tes rudal rezim Kim Jong-un akan bertepatan dengan kampanye pemilihan majelis rendah Jepang dan liburan Columbus Day di AS. Karena perbedaan waktu, tes rudal itu kemungkinan terjadi hari Selasa pagi waktu Pyongyang atau hari Senin waktu AS.

Sementara seorang kolumnis New York Times Nicholas Kristof yang baru saja kembali mengunjungi Pyongyang menuliskan bahwa Korea Utara menggembleng warganya untuk bersiap perang nuklir dengan AS.

Billboard yang ada di Pyongyang berisi kampaye rudal yang menghancurkan gedung Capitol AS di Washington, DC.

Salah seorang penduduk Pyongyang, Mun Hyok-myong, seorang guru,yang sempat ditemui Kristof menyatakan ”Jika kami harus berperang, kami tidak akan ragu untuk menghancurkan Amerika Serikat secara total,” kata Kristof menirukan ucapan warga Korea Utara itu.

Sedangkan Pemerintah Kim Jong-un hingga kini belum mengonfirmasi laporan persiapan uji coba ICBM seperti yang dibocorkan anggota parlemen Rusia.

Sumber: mirror.co.uk