Dalam Kondisi Dan Situasi Tertentu Tubuh Perlu Banyak Asupan Garam

Foto The Australian
Foto The Australian

Jakarta,Sayangi.com- Ada beberapa kondisi medis menuntut ada saatnya tubuh perlu asupan garam lebih banyak. Rekomendasi kesehatan asupan garam saat ini per hari adalah 2300 mg. Namun beberapa orangperlu mengkonsumsi sodium dalam jumlah yang cukup.

Namun dalam hal ini harus sangat berhati-hati dengan asupan garam. Namun ada beberapa situasi atau kondisi sebenarnya menuntut asupan garam perlu ditingkatkan guna kebukaran tubuh. Dilansir dari boldsky (7/10) menuliskan dalam situasi dan kondisi yang bagaimana perlu asupan garam lebih.

1. Saat Latihan Marathon
Olahragawan yang melakukan latihan dengan intensitas tinggi memerlukan natrium yang baik.

Hal lain bisa menyebabkan hiponatremia, yaitu setetes sodium dalam darah yang bisa mengakibatkan pusing dan lemas.

2. Iklim Panas
Berkeringat berlebihan bisa mengakibatkan penurunan kadar natrium di tubuh. Berkeringat berlebihan juga bisa menyebabkan hiponatremia.

3. Kondisi Medis
Kondisi medis seperti nefropati yang menyebabkan kehilangan garam adalah bentuk penyakit ginjal yang membuat tubuh sulit mempertahankan kadar natrium.

Orang dengan kondisi ini kehilangan kelebihan sodium melalui air seni, maka mereka harus meningkatkan kadar sodiumnya dengan segala cara.

4. Obat Diuretik
Diuretik dapat menyebabkan ketidakseimbangan mineral dalam tubuh, sehingga meningkatkan output urin.

Saat itulah tubuh kehilangan sodium dalam jumlah tinggi. Untuk memulihkan mineral dalam tubuh salah satu yang harus dijalankan adalah makan lebih banyak garam.

5. Usia Lanjut
Mereka yang berusia 80 tahun ke atas, bisa mengalami dorongan otak dengan menaikkan asupan garamnya.

Sebuah studi menunjukkan bahwa lansia mengonsumsi sodium dalam jumlah sedang,aktivitas otaknya lebih baik bila dibandingkan dengan mereka yang diet rendah sodium.

6. Sindrom Langka
Sekelompok kondisi yang dikenal sebagai Bartter Syndrome dapat mempengaruhi kemampuan ginjal untuk mengolah garam yang dikonsumsi.

Beberapa gejala dari Bartter Syndrome  adalah muntah hingga rasa haus yang berlebihan.