Elektabilitas Menurun, Gerindra Tetap Yakin Prabowo Akan Memenangkan Pilpres 2019

Fadli Zon saat menjadi narasumber sebuah acara diskusi di kawasan Cikini, Jakarta, Sabtu (7/10). (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Djayadi Hanan mengatakan, bila pemilihan Presiden dilakukan sekarang, Joko Widodo akan menjadi pemenang. Pasalnya, elektabilitas Jokowi jauh lebih unggul dibanding Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto.

Dalam survei itu, elektabilitas Jokowi ada di angka 38,9 persen, sementara nama Prabowo Subianto ada di angka 12 persen dan Susilo Bambang Yudhoyono 1,6 persen. Sementara beberapa kandidat lainnya masih berada di bawah 1 persen.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon mengatakan, Gerindra masih optimis elektabilitas Prabowo akan naik mendekati Pilpres 2019 mendatang. Apalagi, elektabilitas mantan Danjen Kopassus masih berada di peringkat kedua, persis dibawah Jokowi.

“Kami sangat optimis pak Prabowo pada waktunya elektabilitasnya tetap tinggi. Kami di Gerindra sangat optimis untuk mendukung beliau menjadi RI 1,” ujar Fadli di sebuah acara diskusi di kawasan Cikini, Jakarta, Sabtu (7/10).

Fadli juga menuturkan, elektabilitas Jokowi yang hanya di kisaran 30 persen sangat rendah untuk seorang incumbent. Oleh karena itu, ia berpendapat bahwa rakyat Indonesia menginginkan figur Presiden baru pada 2019 mendatang.

“Kemudian incumbent di angka 30 an (persen) itu sangat rendah. Kalau itu masih di angka 30, berarti rakyat tidak puas dan rakyat menginginkan Presiden baru,” katanya.

Lebih jauh Wakil Ketua DPR ini juga menjelaskan, bahwa kurun waktu dua tahun hingga pemilihan Presiden merupakan waktu yang cukup panjang. Dalam kurun waktu tersebut, lanjut Fadli, segala kemungkinan masih sangat mungkin terjadi.

“Dinamika politik ke depan masih tidak bisa dilihat dan diduga. Saya melihat sekarang ini masih terlalu dini,” tuturnya.