Golkar ‘Buka Pintu’ Bila Gatot Nurmantyo Ingin Terjun ke Politik Praktis

Bobby Adhitya Rizaldi

Jakarta, Sayangi.com – Politisi Partai Golkar Bobby Adhitya Rizaldi menyarankan, lebih baik Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo fokus pada tugasnya dalam militer. Akan tetapi, Bobby mengaku partainya siap bila Jenderal Gatot nantinya akan terjun ke ranah politik.

“Kiranya memang (Jenderal Gatot) tertarik masuk politik praktis, mengabdi ke masyarakat setelah menjadi panglima, Partai Golkar siap memfasilitasi,” ujar Bobby dalam sebuah diskusi di kawasan Cikini, Jakarta, Sabtu (7/10).

Anggota Komisi I DPR RI ini juga menegaskan, bahwa militer dan politik praktis tidak dapat berjalan seiringan. Pasalnya, dwi fungsi militer saat ini tidak berlaku lagi di Indonesia.

“Panglima, selama jadi panglima, tetap melakukan tugas sesuai dengan Undang-undang TNI. Artinya, tetap berpolitik tapi politik negara,” tuturnya.

Lebih jauh Bobby memang mengakui, beberapa langkah yang diambil Panglima TNI belakangan ini menuai pro-kontra di masyarakat. Namun menurutnya, hal itu karena masyarakat ingin militer dapat bekerja secara profesional dan tidak berpolitik praktis.

“Memang benar kita ingin TNI yang profesional, tidak berpolitik praktis, tidak berpolitik elektoral. Masyarakat ingin TNI disegani, menjaga kedaulatan kita, disegani kemampuannya,” urainya.

Menurut Bobby, dirinya tidak melarang Gatot bila ingin terjun ke ranah politik. Namun, ia menyarankan, Gatot dapat melepaskan jabatannya sebagai Panglima TNI bila ingin berpolitik.

“Kalau ingin berpolitik, seharusnya (Gatot) bisa melepas jabatannya dan dapat leluasa melakukan manuver politik,” tukasnya.