Fadli Zon Menilai Apa yang Dilakukan Panglima TNI Masih Sesuai Tupoksinya

Fadli Zon
Jakarta, Sayangi.com – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengatakan, pro kontra yang terjadi karena sikap Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo masih dalam batas wajar. Menurutnya, langkah yang diambil Gatot telah sesuai dengan politik negara yang dianut TNI.
“Saya melihat apa yang dilakukan panglima masih dalam tupoksinya, masih sesuai koridor,” ujar Fadli di sebuah acara diskusi di kawasan Cikini, Jakarta, Sabtu (7/10).
Fadli menuturkan, kemungkinan militer untuk kembali terlibat dalam politik seperti masa Orde Baru telah tertutup. Ia menganggap apa yang disampaikan Gatot tidak lebih dari tanggapan terhadap situasi terkini.
Wakil Ketua Umum Gerindra ini menjelaskan, polemik yang terjadi belakangan ini, karena koordinasi antar lembaga yang belum terjalin dengan baik. Contohnya, lanjut Fadli, pernyataan Panglima TNI mengenai senjata ilegal, merupakan miskoordinasi antara TNI, BIN, Polri, Menkopolhukam, dan Menhan.
“Termasuk disini, dimana antara satu institusi dengan institusi lain berbeda-beda,” katanya.
Lebih jauh Fadli menuturkan, instruksi Gatot mengenai penayangan kembali film G30S/PKI masih dalam tahap wajar. Pasalnya, Fadli menilai film tersebut adalah bagian dari sejarah bangsa.
“Karena ini adalah sejarah, dan Presiden pun pada akhirnya ikut nonton bareng,” pungkasnya.