Kalahkan Persiba 3-2, Bhayangkara FC Tak Tergoyahkan di Puncak Klasemen

Selebrasi Paulo Sergio usai mencetak gol saat Bhayangkara FC menjamu Persiba di Stadion Patriot Bekasi, Minggu (8/10) sore/Foto: twitter Liga1Match

Bekasi, Sayangi.Com– Bhayangkara FC memetik kemenangan 3-2 atas tamunya Persiba Balikpapan pada laga pekan ke-28 Liga 1 Musim 2017 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (8/10) sore.

Dengan tambahan 3 poin, Bhayangkara FC berhasil menjaga jarak dari peringkat kedua Bali United yang hari ini juga menang telak atas tamunya Arema FC dengan skor 6-1. Bhayangkara FC kini mengumpulkan 59 poin dari 28 laga, unggul 4 poin dari Bali United yang juga telah memainkan 28 laga.

Tampil Kurang Maksimal

Meski berhail meraih 3 poin di kandang, pelatih Bhayangkara FC Simon McMenemy mengaku kurang puas dengan penampilan anak asuhnya yang ia nilai terlalu menganggap enteng lawan setelah berhasil mencetak tiga gol dalam kurun waktu 20 menit.

“Kami beruntung masih bisa meraih tiga poin hari ini. Jika yang dihadapi tim sekelas Madura United atau PSM Makasar, hasilnya akan berbeda jika tim memperagakan permainan seperti ini,” kata FC Simon McMenemy, usai pertandingan.

Pelatih asal Skotlandia itu mengaku kurang puas dengan penampilan timnya karena sikap para pemain yang terlalu menganggap enteng lawan setelah berhasil mencetak tiga gol dalam waktu 20 menit.

The Guardians langsung tampil menyerang sejak awal pertandingan. Hasilnya, pada menit ke-9 Paulo Sergio berhasil mencetak gol melalui tandukan kepala yang tak mampu dihalau kiper Persiba Kurniawan Kartika Ajie.

Pada menit ke-20, Bhayangkara FC berhasil menambah gol lagi-lagi melalui kombinasi permainan Dendy Sulistyawan-Paulo Sergio. Kali ini giliran Paulo yang mengirimkan umpan hasil penetrasi dari tengah lapangan. Dendy yang lolos dari jebakan offside menggiring bola beberapa saat dan melepaskan tembakan yang mengoyak jala gawang Persiba untuk kedua kali.

Pada menit ke-29, Ilija Spasojevic memperbesar keunggulan Bhayangkara FC setelah menyelesaikan umpan Evan Dimas. 3-0 untuk Bhayangkara FC.

Sayangnya, tensi serangan Bhayangkara pascagol ketiga justru menurun. Situasi ini dimanfaatkan para pemain Persiba yang balik menggencarkan serangan.

Pada menit ke-36, kiper Bhayangkara FC Awan Setho Raharjo menjegal Maldin Pali yang menerobos masuk ke kotak penalti tanpa kawalan hingga wasit menunjuk titik putih.

Anmar Almubaraki yang dipercaya sebagai algojo tak menyia-nyiakan kesempatan. Meski kiper telah membaca arah bola, tapi eksekusi yang diarahkan ke sudut kiri gawang tak sanggup dihalau. Skor berubah menjadi 3-1.

Beberapa sat sebelum turun minum, Persiba mencetak gol kedua juga melalui Anmar yang berhasil menerobos lini pertahanan Bhayangkara FC dan melepaskan tendangan yang tidak dapat dihalau Awan Setho. Skor 3-2 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, kedua tim melakukan pergantian beberapa pemain untuk meningkatkan daya dobrak serangan. Tapi permainan yang disajikan kedua tim di babak kedua kurang berkembang.

Tim tamu seakan menunggu kesempatan untuk melakukan serangan balik tanpa berinisiatif menyerang lebih dulu. Sedangkan tim tuan rumah gagal mengkonversi peluang-peluang yang diperoleh menjadi gol.

Skor 3-2 untuk keunggulan Bhayangkara FC tidak berubah hingga pertandingan babak kedua berakhir.

Bali United Pesta Gol

Bali United menumbangkan tamunya Arema FC dengan skor telak 6-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu malam.

Pada babak pertama, tuan rumah mencetak dua gol melalui Irfan Bachdim di menit ke-6 dan Sylvano Comvalius pada menit ke-11.

Arema FC mampu memperkecil ketinggalan melalui sepakan keras Esteban Viscarra pada menit ke-31, setelah mendapat umpan terukur dari Adam Alis. Skor 2-1 untuk tuan rumah bertahan hingga babak pertama berakhir.

Pada babak kedua, Bali United meningkatkan gempuran hingga berhasil mencetak empat gol, melalui Stevano Lilipaly pada menit ke-51 dan menit ke-76, dan Miftahul Hamdi pada menit ke-84.

Dalam laga ini wasit mengeluarkan dua kartu kuning untuk pemain Arema FC, Indra Cahya pada menit ke-55, dan Ricky Fajrin (Bali United) pada menit ke-92.

Pelatih Bali United, Widodo Cahyono Putro, mengatakan pertandingan hari ini sangat seru karena Arema juga bermain baik di babak awal.

Widodo mengucapkan terima kasih kepada seluruh pendukung setia Bali Bali United karena telah memberikan dukungan penuh kepada para pemain dengan hadir memenuhi Stadion Dipta Gianyar.

Klasemen Pekan 28  Liga 1 Go-Jek Traveloka

No KLUB MAIN POIN
1 BHAYANGKARA FC 28 59
2 BALI United 28 55
3 MADURA United 28 52
4 PSM MAKASSAR 28 52
5 PERSIPURA JAYAPURA 28 50
6 PERSIJA JAKARTA 28 46
7 AREMA FC 28 41
8 BARITO PUTERA 27 41
9 MITRA KUKAR 28 40
10 Pusamania BORNEO FC 27 39
11 PERSIB BANDUNG 26 36
12 SRIWIJAYA FC 28 34
13 PERSELA LAMONGAN 28 33
14 PS TNI 28 32
15 SEMEN PADANG FC 28 29
16 PERSERU SERUI 28 25
17 PERSIBA BALIKPAPAN 28 20
18 Persegres GRESIK United 28 10

Sumber: Liga-Indonesia.id