Polisi Berharap Minggu Ini Berkas Kasus Jonru Dapat Dikirimkan ke Kajati DKI

Kombes Pol Argo Yuwono. (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya terus menggenjot penyelesaian kasus dugaan ujaran kebencian, yang menyeret nama pegiat media sosial Jonru Ginting. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono berharap, pekan ini pihak kepolisian dapat mengirimkan berkas Jonru ke pihak Kejaksaan Tinggi Jakarta.

“Insya Allah minggu ini kita kirim berkas tersebut secepatnya. Sehingga tugas penyidikan dari kepolisian kita kirimkan kepada kejaksaan tinggi DKI,” ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (9/10).

Argo mengatakan, dalam kasus Jonru, penyidik telah menyelesaikan pemeriksaan terhadap para saksi. Selain itu, penyidik juga sudah selesai mengumpulkan barang bukti untuk kasus yang menimpa pria bernama asli Jon Riah Ukur itu.

“Penyidik sudah mengumpulkan barang bukti dan alat bukti yang sudah didapatkan,” tegasnya.

Saat ini, kata Argo, penyidik tengah menyusun berkas perkara Jonru. Setelah selesai menyusun berkas perkara, penyidik baru akan membuat resumenya.

“Kita susun (berkas perkaranya), kemudian dibuatkan resume, setelah selesai nanti kita kirim ke kejaksaan,” kata Argo.

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang pengacara bernama Muanas Al Aidid melaporkan pegiat media sosial Jonru Ginting ke Polda Metro Jaya. Alasan Muanas melaporkan Jonru karena Jonru diduga melakukan ujaran kebencian di media sosial.

Saat mendatangi Polda Metro Jaya, Jonru mengaku dirinya tidak menyesal dengan apa yang telah diposting di media sosial. Karena menurutnya, tidak ada gunanya menyesalkan apa yang telah diperbuat.

“Saya nggak pernah menyesal, nggak ada gunanya menyesal, menyesal bikin rugi kita sendiri,” ujar Jonru di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (28/9).