Pengunjung Tempat Sauna Gay di Gambir Kebanyakan Berasal Dari Luar Jakarta

T1 Sauna

Jakarta, Sayangi.com – Pihak kepolisian saat ini tengah mengidentifikasi para pengunjung tempat prostitusi gay berkedok sauna. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, identifikasi tersebut dimaksudkan agar penyidik tahu dari mana saja asal pengunjung T1 Sauna yang beroperasi di kawasan Harmoni Gambir itu.

“Saksi-saksi sudah kami periksa, saksi pengunjung itu pun sudah kami identifikasi. Setelah itu kami cari profiling ya, mesti dicari, foto kemudian identitasnya dari mana,” ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (9/10).

Kesimpulan yang didapat penyidik hingga saat ini, kata Argo, bahwa pengunjung tempat tersebut justru mayoritas berdomisili di luar Jakarta. Bahkan ada beberapa orang pengunjung yang merupakan warga negara asing.

“Memang kemarin (pengunjungnya) ada yang dari Surabaya, Jogja, Banten. Bahkan ada juga yang merupakan WNA,” katanya.

Mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur ini juga menjelaskan, bahwa para pengunjung tempat sauna tersebut saat ini telah dipulangkan. Mereka yang sempat diamankan itu akhirnya dipulangkan karena status mereka masih sebagai saksi.

“Untuk para pengunjung itu, sudah kami lepaskan ya,” terangnya.

Lebih jauh Argo juga mengaku, pihaknya belum mengetahui apakah ada keterkaitan kasus T1 sauna dengan kasus serupa di Kelapa Gading, yang diungkap pada bulan Mei lalu. Pasalnya, hingga saat ini masih mendalami kasus tersebut.

“Apakah ada kaitannya dengan penangkapan yang di Jakarta Utara, kami masih mendalami. Karena kami belum mendapatkan petunjuk ke arah situ,” jelasnya.

Hingga saat ini, pihak kepolisian telah menetapkan enam orang tersangka dalam kasus tersebut. Mereka adalah GG, GCMP, NS, TS, KH dan HI yang kini masih dalam pengejaran.

Untuk para tersangka sendiri kemungkinan akan dijerat dengan Pasal 30 Juncto Pasal 4 ayat 2 Undang-undang Nomor 44 Tahun 2008 tentang Pornografi dan atau Pasal 296 KUHP, dengan ancaman pidana enam tahun penjara.