Pentagon Sebut Ketegangan Diplomatik Dengan Turki Tidak Pengaruhi Operasi Militer

Kantor Pusat Pentagon Amerika Serikat. Foto Public Radio
Kantor Pusat Pentagon Amerika Serikat. Foto Public Radio Internasional.jpg

New York,Sayangi.com– Pentagon mengatakan pada hari Selasa (10/10) bahwa ketegangan diplomatik saat ini antara Turki dan Amerika Serikat tidak mempengaruhi operasi militer atau personilnya dari Turki.

Dikutip dari Reuters (11/10) “Saya dapat memastikan bahwa perkembangan ini tidak mempengaruhi operasi atau personil kami,” kata juru bicara Pentagon, Kolonel Robert Manning kepada awak media”.

Pangkalan angkatan udara Turki di Incirlik terus memenuhi peran penting yang mendukung upaya NATO dan koalisinya.””Operasi koalisi kontra ISIS dari Incirlik dan fasilitas Turki lainnya dikoordinasikan dengan ketat dan mendapat dukungan penuh dari mitra kami dari Turki,” tambahnya.

Dia mengatakan bahwa Turki adalah sekutu dekat NATO (North Atlantic Treaty Organization) dan koalisinya”.  Untuk itu Amerika Serikat akan terus mengkoordinasikan kegiatan gabungan militer dan terpisah dengan Ankara.

Hubungan antara Turki dan Amerika, sekutu dalam NATO, telah mencapai titik terendah baru. Belakangan ini  kedua negara saling membatasi warganya mengadakan perjalanan bisnis dan wisata antara keduanya.

Pada hari Minggu waktu setempat, Amerika Serikat menghentikan operasi visa non-imigran di semua fasilitas diplomatik di Turki. AS mengatakan bahwa mereka menilai ulang komitmen Ankara terhadap keamanan fasilitas dan personil A.S.

Turki menanggapi dengan menangguhkan layanan visa non-imigran di A.S, dengan dalih masalah keamanan.