Polisi Gandeng Kementerian PP-PA dan Dinas PPAPP Berantas Pelecehan Seksual Anak

Direskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Nico Afinta Bersama pihak Kementerian PP-PA dan Dinas PPAPP, Rabu (11/10). (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Polda Metro Jaya bersama perwakilan Menteri Perberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta Dinas PPAPP (Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk) Provinsi DKI Jakarta mengadakan pertemuan di Balai Pertemuan PMJ, Rabu (11/10).

Pertemuan ini mengangkat tema ‘Kerjasama UPT P2TP2A, Kementerian PP-PA RI dan Polda Metro Jaya dalam penguatan SDM bagi unit PPA dan Bhabinkamtibmas dalam penanganan kasus kekerasan seksual terhadap anak dengan pelaku anak’.

Hadir dalam acara tersebut Direktur Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya Kombes Pol Nico Afinta. Dalam pidatonya, Nico mengatakan, pihaknya mendukung peningkatan kemampuan anggota Bhabinkamtibmas dan unit PPA dalam menanggulangi kekerasan seksual masalah anak.

“Kami mendukung peningkatan kemampuan anggota Bhabinkamtibmas dan unit PPA dalam menanggulangi masalah anak,” ujar Nico.

Kejahatan terhadap anak, kata Nico, termasuk dalam kategori kejahatan luar biasa (extraordinary crime). Oleh karena itu, polisi harus dapat menjadi garda terdepan dalam penegakan hukum bagi anak yang menjadi korban kejahatan.

“Dalam penegakan hukum, polisi sebagai pelindung anak sejak dini. Polisi sebagai penegak hukum, tidak ada kata kompromi atau kata damai terhadap pelaku kejahatan terhadap anak,” tegasnya.

Selain Nico, acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas PPAPP Provinsi DKI Jakarta Dien Ernawati. Sementara itu, mewakili Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak hadir Pribudiarta N Sitepu, Kepala UPT P2TP2A Silvia dan Wadir Binmas AKBP Anjar Gunadi.