Pertahankan Predikat Opini WTP, Pemkab Lahat Raih Piagam Ke-4

Lahat, Sayangi.com – Dalam kurun waktu 4 tahun, Pemerintah Daerah (Pemda) Lahat, secara berturut-turut menorehkan kembali prestasi membanggakan, dengan mempersembahkan piagam Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) langsung yang diberikan oleh pihak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia.

“ Piagam WTP yang diperoleh secara berturut – turut selama 4 tahun ini, bukanlah prestasi yang berhak dimiliki siapa pun, tapi merupakan milik semua pihak, yang sudah ikut andil dan terlibat didalam memberikan laporan pengelolaan keuangan,” ujar Bupati Lahat, H Saifudin Aswari Riva’I dikonfirmasi terkait hal ini, Rabu (11/10).

Tambah kak Wari, sapaan akrab orang no satu di kabupaten ini menjelaskan, uang negara yang ada haruslah dapat dipertanggung jawabkan penggunaannya, dan tentunya haruslah dijalankan dengan melalui struktur dan rute yang sudah ada, dan di jalur ‘rel’ yang seharusnya.

“Satu hal yang pasti harus kita hindari, agar tidak timbul persoalan dikemudian hari adalah, hindari hal yang mengakibatkan tersandung persoalan dalam pengelolaan keuangan, terlebih lagi yang kita kelola ini merupakanlah uang negara, yang harus dapat dipertanggungjawabkan sepenuhnya. Jalankan sesuai dengan ketentuan dan di rel yang sudah ada, semoga ini dapat terus berjalan dan tentunya dapat lebih baik lagi kedepan.” tukas kak Wari.

Terpisah, ditemui diruangan, Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharan Negara (KPPN) Kabupaten Lahat Infron Rosadi menyebutkan, laporan keuangan pada Pemda Lahat, patut kita banggakan dimana, untuk laporan tahun 2016, merupakan pencapaian standar tertinggi.

“Dimana 4 kriteria diantaranya, kesesuaian, kecukupan pengungkapan, pematuhan UU dan efektifitas sistem, WTP kembali kita raih dan berhak lagi kita sandang. Tentunya, ini dapat memacu semangat untuk lebih baik didalam pengelolaam keuangan yang ada.” pungkasnya.
Reporter: Cepy