Polisi Telah Kirimkan Berkas Perkara Jonru ke Kejati DKI Kemarin

Jonru Ginting (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Polisi telah mengirimkan berkas perkara tersangka kasus ujaran kebencian Jonru Ginting ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, penyidik telah mengirimkan berkas tersebut pada Rabu (11/10).

“Iya sudah kami kirim berkasnya (Jonru Ginting) kemarin, tahap satu,” ujar Argo di Jakarta, Kamis (12/10).

Argo juga menjelaskan, penyidik masih menunggu pemeriksaan jaksa penuntut umum terhadap berkas Jonru. Jika nanti ada kekurangan, kata Argo, maka pihak penyidik akan melengkapi kembali berkas tersebut.

“Kami tunggu ya jaksa mengkaji berkas, apa ada kekurangan atau tidak,” tuturnya.

Lebih jauh mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur ini berharap, berkas tersebut dapat dinyatakan lengkap. Sehingga, kasus tersebut dapat ditingkatkan ke tahap selanjutnya.

“Kita harap berkas dapat dinyatakan lengkap oleh jaksa, sehingga kasus Jonru bisa ditingkatkan ke tahap penuntutan di pengadilan,” cetusnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang pengacara bernama Muanas Al Aidid melaporkan pegiat media sosial Jonru Ginting ke Polda Metro Jaya. Alasan Muanas melaporkan Jonru karena Jonru diduga melakukan ujaran kebencian di media sosial.

Saat mendatangi Polda Metro Jaya, Jonru mengaku dirinya tidak menyesal dengan apa yang telah diposting di media sosial. Karena menurutnya, tidak ada gunanya menyesalkan apa yang telah diperbuat.

“Saya nggak pernah menyesal, nggak ada gunanya menyesal, menyesal bikin rugi kita sendiri,” ujar Jonru di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (28/9).

Terkait dengan laporan itu, polisi telah menetapkan Jonru sebagai tersangka. Jonru dijerat pasal berlapis dengan ancaman hukuman 16 tahun penjara.