Polri dan TNI di Jember Tingkatkan Sinergi Polisional Wujudkan Kamtibmas Prima

Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo (kanan) didampingi personel TNI.

Jember, Sayangi.com – Kepolisian Resort Jember dibawah komando AKBP Kusworo Wibowo terus memantapkan kinerjanya dengan meningkatkan kesiapsiagaan operasional melalui deteksi dini dan deteksi aksi yang proaktif. Dengan demikian Polres Jember dapat lincah bertindak menghadapi dinamika perkembangan situasi kamtibmas yang meningkat cepat.

Menindak lanjuti arahan Presiden RI dan Kapolri, Polres Jember telah melaksanakan berbagai kegiatan optimalisasi aksi sebagai implementasi kedekatan dan sinergi polisional bersama TNI yang solid guna mewujudkan kondusifitas keamanan dan ketertiban masyarakat yang prima di Wilayah Kabupaten Jember.

“Sinergitas TNI-Polri di Jember harus Solid, dengan demikian dalam upaya pemeliharaan kamtibmas yang kondusif dan dinamis, maka keterpaduan fungsi dan peran antara Polri, TNI, Pemerintah daerah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat hingga kepedulian masyarakat diharapkan dapat menjadi solusi pemecahan masalah terhadap stabilitas kamtibmas dan permasalahan sosial di Kabupaten Jember,” Kata Kapolres Jember kepada wartawan di Mapolres Jalan Kartini No. 17 Kecamatan Kaliwates Jember, Kamis Sore ( 12/10/2017).

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, salah satu upaya dari pencegahan yaitu dengan meningkatkan kerja sama, koordinasi dan komunikasi dengan semua elemen baik TNI, Pemerintah Daerah maupun masyarakat, agar secara bersama-sama dapat mengidentifikasi dan mencari akar pemecahan masalah-masalah kamtibmas di lapangan. Hal ini diperlukan peran serta dari instansi-instansi terkait dan juga peran masyarakat sebagai mitra terdepan Polri untuk mengambil langkah-langkah yang efektif dan efisien dalam mengatasi permasalahan yang mengarah pada timbulnya gangguan kamtibmas.

Dalam menjalin kedekatan kerjasama TNI Polri di lapangan, diperlukan sarana untuk memperkuat silaturahmi dan ikatan emosional yang harmonis, melalui kegiatan olah raga bersama. “Dari beberapa kegiatan olahraga bersama salah satu diantaranya kegiatan yang baru dilaksanakan yaitu acara olahraga bersama dalam rangka HUT TNI di Lapangan Brigif 9 Jember pekan lalu” ungkap Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo.

Di sisi lain masih dalam penguatan sinergitas TNI-Polri guna menjalin kedekatan dengan masyarakat. Polres Jember juga bekerja sama dengan Jajaran TNI dan Dinsos Pemkab Jember menggelar Kegiatan Bhakti Sosial Bedah Rumah Warga kurang mampu, di Dusun Karajan Desa Jatian Kecamatan Pakusari Jember, Sabtu (30/09/2017).

“Saya berharap, dengan momentum kedekatan TNI Polri dengan masyarakat melalui solidaritas dan kesetiakawanan sosial dapat memacu tumbuhnya kesadaran masyarakat terhadap kamtibmas dan dapat menumbuhkan kepedulian masyarakat untuk menjaga keamanan lingkungannya masing-masing,” tuturnya menambahkan.

Sementara itu dalam upaya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, Polres Jember juga menggandeng Jajaran TNI maupun Instansi terkait dalam menghadapi perkembangan kamtibmas yang terjadi di Jember “Kegiatan Patroli berskala besar kerap Kita lakukan bersama secara berkala untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat, seperti contohnya pada saat situasi merayakan hari raya maupun aktifitas tahun baru. Dan baru–baru ini juga, Polres Jember melakukan upaya bersama Jajaran TNI dan Instasi terkait dalam upaya pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan,” terangnya.

Dengan beragam kegiatan ini, Kapolres Jember menaruh harapannya agar tetap terjaga dan terjalin hubungan koordinasi dan sinergitas antara Polres dan Jajaran TNI yang semakin mantap. Selanjutnya untuk mempertegas kembali soliditas antar personil TNI dan Polri guna menciptakan kondusifitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) diwilayahnya, Polres Jember selalu berkordinasi bersama dan menggandeng para tokoh agama dan tokoh masyarakat, seperti halnya dengan melaksanakan acara Istighosah Akbar bersama Ulama dan Masyarakat.

“Yang terpenting sebagai pelopor dan garda terdepan adalah aparat TNI dan Polri dalam menjaga kedaulatan bangsa Indonesia. Hal ini bisa memberikan penegasan kepada seluruh warga, mana kala ada upaya memperlemah rasa persatuan dan kesatuan bangsa, sekaligus ideologi bangsa maka mereka akan berhadapan dengan TNI dan Polri,” Pungkasnya.

Sumber: TribrataNews Polres Jember