Trump Teken Memo Tuk “Lenyapkan” Obamacare

Foto The Irish Sun
Foto The Irish Sun

Washington,Sayangi.com-  -Presiden Trump frustrasi atas kegagalan Kongres untuk mencabut dan mengganti ObamaCare. Ia menandatangani sebuah perintah eksekutif pada hari Kamis (12/10) waktu Amerika untuk memudahkan orang membeli asuransi kesehatan yang lebih murah dan praktis

Ini adalah langkah Trump yang paling konkret untuk membatalkan Obamacare sejak dia menjabat pada bulan Januari. Selama kampanye, Trump berjanji untuk membongkar kebijakan domestik mantan presiden Barack Obama.

Dilansir dari nytime jumat (13/10) Trump mengatakan “Sejak saya menjadi presiden Amerika Serikat, saya terus mendengar pencabutan dan penggantian, pencabutan, penggantian, yah, kita memulai proses itu. Dan kami memulai dengan cara yang sangat positif, “kata Trump di Gedung Putih, menyebut ObamaCare” mimpi buruk. ”

Perintah tersebut juga berusaha mengubah batas era Obamacare pada rentang waktu orang dapat menggunakan rencana asuransi kesehatan jangka pendek. Yang lebih murah namun hanya sedikit manfaat medisnya. Rencana tersebut saat ini terbatas pada tiga bulan.

Trump mengatakan perintah tersebut , “mengarahkan Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan, Departemen Keuangan, dan Departemen Tenaga Kerja, untuk mengambil tindakan untuk meningkatkan persaingan, meningkatkan pilihan.

Serta meningkatkan akses terhadap pilihan perawatan kesehatan bermutu rendah dan bermutu tinggi. Dan orang akan memiliki perawatan kesehatan yang hebat dan hebat. ”

Dia juga mengatakan bahwa dia akan terus menekan Kongres untuk pencabutan dan pergantian Obamacare untuk selamanya. Trump telah lama berpendapat bahwa persaingan antarnegara bagian akan menyebabkan premi lebih rendah.

Meskipun para ahli mengatakan bahwa hal itu juga dapat menaikkan premi untuk warga tua Amerika dan mereka yang memiliki kondisi sebelumnya. Kebijakan baru tersebut juga tidak harus memberikan 10 “manfaat kesehatan utama” yang tercakup dalam ObamaCare.  Termasuk didalamnya perawatan kehamilan, kunjungan di ruang gawat darurat, perawatan kesehatan mental serta lainnya.

Langkah orang no 1 Amerika ini, kemungkinan akan menghadapi tentangan dari asosiasi medis, kelompok konsumen dan bahkan perusahaan asuransi. Mereka membuat koalisi yang sama yang telah melobi Kongres yang dikuasai Gedung Putih melawan usaha pencabutan dan penggantian sebelumnya.

Tindakan tersebut dapat membuka Trump untuk menghadapi tantangan hukum dari jaksa agung negara bagian Demokrat. Jaksa Agung Demokrat  mengatakan bahwa mereka akan menuntut Trump jika dia mencoba menghancurkan Obamacare.

Presiden dan anggota parlemen Gedung Putih telah berjanji selama bertahun-tahun bahwa urutan pertama bisnis mereka di bawah pemerintahan Trump adalah untuk memberangus  pencapaian legislatif di era Presiden Barack Obama.

Namun karena adanya desakan seperti Sens John McCain dari Arizona, Susan Collins dari Maine dan lainnya, berbagai upaya untuk memenuhi janji kampanye tersebut telah jatuh dan terbakar, membuat marah presiden.

Untuk itu Trump memutuskan untuk mengambil tindakan sepihak. Sambil menawarkan beberapa hal yang khusus. dengan mengatakan bahwa langkahnya akan membiarkan orang melintasi jalur negara untuk mendapatkan “perawatan kesehatan yang hebat dan kompetitif”, tuturnya.

Tidak jelas kapan rencana tersebut akan berlaku. Namun tidak mungkin konsumen dapat mendaftar pada periode pendaftaran terbuka 2018. Sedangkan rencana itu   akan dimulai pada 1 November.

Para ahli mempertanyakan otoritas Trump untuk mengeluarkan perintah semacam itu yang akan membebaskan beberapa rencana Sementara itu pemimpin Senat Demokrat, Chuck Schumer, menuduh Trump menggunakan bola perusak untuk menghancurkan sistem perawatan kesehatan.

“Setelah gagal mencabut undang-undang di Kongres, presiden menyabotase sistem tersebut,” tuding Schumer.