Hampir 15.000 Senjata Nuklir Di Persenjataan di 9 Negara

Ilustrasi Bom Nuklir. Foto Newsvice.com
Ilustrasi Bom Nuklir. Foto Newsvice.com

Singapura,Sayangi.com- Bom Nuklir merupakan pemusnah massal yang potensial menghancurkan, bahkan mengakhiri peradaban manusia di Bumi. Bagi pemiliknya sendiri bom nuklir merupakan senjata yang ditakuti.

Meskipun tuntutan perlucutan senjata nuklir semakin kuat, di seluruh dunia masih terdapat sekitar 16.300 bom atom. Sementara saat ini diperkirakan hampir 15.000 Senjata Nuklir Di Persenjataan di 9 Negara. Inilah daftar 9 negara pemilik senjata pemusnah massal ini.

1.Rusia
Berdasar catatan lembaga penelitian asal Swedia, Stockholm Peace Research Institute (SIPRI) Rusia merupakan pemilik senjata nuklir terbesar. Rusia saat ini memiliki 8.000 hulu ledak nuklir. Rusia pertama kali melakukan uji coba senjata nuklir pada tahun 1949.
2.Amerika Serikat
Negara yang sedang perang kalimat dengan Korut ini merupakan negara satu-satunya yang pernah menggunakan bom atom dalam perang. Amerika pernah membantai penduduk Hiroshima dan Nagasaki, Jepang menggunakan bom atomnya. Saat ini,Ameriika Serikat masih memiliki 7.300 bom atom.

3.Prancis
Negara pusat mode dunia ini merupakan negara Eropa yang terbanyak menyimpan senjata nuklir. Negara Perancis mulai mengembangkan senjata nuklir pada tahun 1960, dan saat ini memiliki 300 hulu ledak nuklir.

4.Cina
Negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di Asia dan yang memiliki jumlah tentara terbanyak di Dunia ini, diperkirakan memiliki 250 bom atom. Negara berpenduduk terpadat di dunia ini telah melakukan uji coba pertama senjata nuklir pada tahun 1964.

5.Inggris
Sekutu terdekat Amerika Serikat ini memiliki 225 senjata nuklir. Inggris pertama kali lakukan uji coba nuklir pada tahun 1952.

6.India
Negara ini melakukan uji coba nuklir pertama tahun 1974, sementara yang kedua dilakukan pada tahun 1998. India diperkirakan memiliki 90-100 bom atom. Negara ini berjanji tidak akan menggunakan senjata pemusnah massal untuk menyerang pertama dan tidak akan menggunakannya terhadap negara yang tak punya senjata nuklir.

7.Israel
Untuk negara yang masih berperang dengan Palestina ini informasi tentang program nuklir negara ini yang diketahui masyarakat internasional amat minim. Israel diperkirakan memiliki 80 senjata berhulu ledak nuklir.

8.Pakistan
Negara yang pernah berperang sebanyak tiga kali dengan negara tetangganya, India, ini diperkirakan memiliki 100 sampai 120 hulu ledak nuklir. Negara di Asia Selatan itu mulai mengembangkan senjata nuklir pada era 1980-an.

9.Korea Utara
Dengan bantuan teknologi dari Pakistan, Korea Utara setidaknya berhasil memiliki enam hulu ledak nuklir. Meskipun masyarakat internasional menerapkan berbagai tekanan dan embargo, sejak tahun 2006 negara ini tetap rajin melakukan uji coba senjata nuklir.

Sumber : businessinsider.sg