Rekonsiliasi Palestina Disambut Baik Saudi Arabia

Foto Palestinian govt
Foto Palestinian govt

Riyad,Sayangi.com – Dalam sebuah sesi yang dipimpin oleh Raja Salman pada hari Selasa, Kabinet Saudi menyambut upaya rekonsiliasi Palestina dan berharap mereka berhasil mencapai persatuan nasional.

Dilansir dari arabnews (14/10) Rekonsiliasi tersebut menyetujui mengubah nama Dewan Persaingan menjadi Otoritas Umum untuk Persaingan. Otoritas inilah yang bertanggung jawab untuk melindungi dan mempromosikan persaingan yang sehat, lapor kantor berita Saudi Press Agency (SPA).

Kamis dua hari lalu Hamas dan Fatah menandatangani kesepakatan rekonsiliasi. Hal ini terjadi setelah Hamas setuju menyerahkan kendali pemerintahan di Gaza. Termasuk lintas perbatasan Rafah, yang terjadi satu dekade setelah Hamas menguasai kantong Palestina itu lewat perang saudara.

Saudi Arabia mengharapkan rekonsiliasi Palestina akan “mewujudkan harapan persaudaraan rakyat Palestina untuk mengakhiri perpecahan dan mencapai persatuan”.

Selain itu Raja Salman juga melaporkan ke Kabinet mengenai hasil kunjungannya ke Rusia dan pembicaraannya dengan Presiden Vladimir Putin dan pejabat senior Rusia.

Selama kunjungan tersebut, Salman menekankan keseriusan Arab Saudi untuk memperkuat hubungan dan kerjasama bilateral guna memastikan stabilitas pasar minyak global. Mengintensifkan upaya melawan ekstremisme dan terorisme, serta komitmen  mengakhiri penderitaan rakyat Palestina.