PDIP Resmi Usung Syaifullah Yusuf dan Abdullah Azwar Anas di Pilgub Jatim

Syaifullah Yusuf (kanan) dan Abdullah Azwar Anas dalam satu acara Pramuka

Jakarta, Sayangi.Com– PDI Perjuangan secara resmi mengusung pasangan Syaifullah Yusuf dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur pada Pilkada Jatim 2018.

Keputusan tersebut diumumkan langsung oleh Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri di kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Minggu (15/10).

Dalam kesempatan tersebut, Megawati juga mengumumkan pasangan Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman untuk diusung sebagai calon Gubernur dan calon wakil Gubernur pada Pilkada Sulawesi Selatan.

Usai mengumumkan nama kedua pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur untuk Provinsi Jatim dan Sulsel, Megawati menyerahkan surat keputusan (SK) rekomendasi untuk kedua pasangan tersebut.

Megawati mengatakan, PDI Perjuangan memilih pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur maupun calon kepala daerah lainnya di tingkat kabupaten dan kota, berdasarkan komitmennya untuk memajukan bangsa dan negara.

Sebelum ditetapkan, kata dia, proses seleksinya berlangsung lama dan komprehensif yakni menjaring aspirasi dari kader mulai dari yang paling bawah, yakni di tingkat ranting, cabang, hingga daerah.

Para bakal calon kepala daerah, menurut Megawati, juga menjalani tes psikologi untuk mengetahui karakter dan kepribadiannya serta akan mengikuti sekolah politik dengan kurikulum antara lain ilmu pemerintahan dan kepemimpinan.