Agenda Anies-Sandi Usai Dilantik Presiden Jokowi Senin Sore

Pasangan AniesBaswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno /Foto: Istimewa

Jakarta, Sayangi.Com– Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017-2022 terpilih, Anies Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno, Senin (16/10) besok dijadwalkan dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara pada Pukul 16.00 WIB.

Prosesi pelantikan diperkirakan akan berlangsung sekitar satu jam. Selain Presiden Jokowi, akan hadir juga Wapres Jusuf Kalla, Menteri Dalam Negeri, para anggota Kabinet, serta tamu undangan lainnya.

Usai pelantikan di Istana Negara, Anies-Sandi akan menuju Balai Kota dan disambut Djarot Saiful Hidayat, yang masa jabatannya habis pada Minggu (15/10), untuk serah terima jabatan yang akan dilaksanakan di Balai Agung. Selanjutnya Anies akan mengantar Djarot meninggalkan Balaikota sampai ke lobi pendopo.

Usai shalat Maghrib berjamaah di Balairung, Anies-Sandi menuju DPRD Jakarta untuk menyampaikan pidato pertamanya sebagai Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 di depan rapat paripurna Dewan selama kurang lebih satu jam.

“Pidato nggak lama, tapi mungkin ada proses lain termasuk bertemu para mantan gubernur yang diundang lalu kembali ke Blok G Balai Kota akan ada kegiatan bersama warga sekaligus menyampaikan pidato di hadapan warga,” kata petinggi Tim Komunikasi Anies Baswedan-Sandiaga Uno, Naufal Firman Yursak.

Acara pesta rakyat menyambut Gubernur DKI baru rencananya akan dimeriahkan oleh Grup Soneta. Sebelumnya juga ada kesenian tradisional Betawi palang pintu dan tanjidor. Selain itu, akan ada nobar (nonton bareng) di 15 titik menggunakan virtual reality. Tiga titik di lokasi Balai Kota, 12 titik di luar Balaikota.

Dengan tayangan video virtual tersebut, masyarakat Jakarta yang tidak hadir secara langsung dapat ikut merasakan ibarat berada di gedung Balai Kota DKI Jakarta bersama pasangan Anies-Sandi, kata Yursak.

Tak Perlu Bawa Poster

Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya mengerahkan 7.000 personel gabungan guna mengamankan pelantikan dan acara penyambutan Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta baru.

Anies Baswedan mengharapkan warga Jakarta yang datang ke Balaikota tidak perlu membawa umbul-umbul atau poster karena masa kampanye sudah selesai dan ini saatnya ikhtiar bersama sama agar bisa menjalankan tugas ke depan lebih baik.

Hal senada disampaikan Sandiaga Uno yang menginginkan acara pelantikan pada hari Senin dilaksanakan secara sederhana.

“Nggak ada persiapan khusus, semuanya mengalir saja. Kita inginkan semuanya sederhana saja dan tidak jor-joran tentunya karena keadaan ekonomi sekarang masih dalam proses konsolidasi,” kata Sandi.

Anies-Sandi berharap, bukan hanya relawan tapi masyarakat Jakarta bisa bersatu dan mendukung program pemerintah ke depan.

“Kita percaya itu akan kembali ke masyarakat. Anies-Sandi Insya Allah confidence bisa mewujudkan programnya,” kata Sandi.

Ada 23 janji pasangan Anies-Sandi pada saat kampanye diantaranya One Kecamatan One Center Entrepreneurship (OK OCE), Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus, rumah dengan DP 0 rupiah, menghentikan reklamasi, menghentikan penggusuran, dan biaya transportasi murah yang terintegrasi.

Pasangan ini terkenal dengan “brand” OK OCE dalam bentuk jari telunjuk dan jempol menyatu dan tiga jarinya terlihat.