Unjuk Rasa Batal Digelar, Polisi Tetap Berjaga di Sekitar Alexis

Kombes Pol Dwiyono

Jakarta, Sayangi.com – Sebuah organisasi masyarakat yang menamakan dirinya Forum Masyarakat Jakarta Utara (Formaju) rencananya akan menggelar aksi di depan Alexis pada Kamis (19/10). Namun rencana itu urung dilakukan, lantaran pihak Formaju mengaku mendapat ancaman, dari pihak yang diduga preman penjaga hotel Alexis.

Menganggapi hal tersebut, Kapolres Jakarta Utara Kombes Pol Dwiyono mengatakan, pihaknya hingga saat ini masih berada di sekitar hotel yang berada di kawasan Pademangan itu. Menurutnya, lokasi di sekitar Alexis masih aman terkendali.

“Hasil sementara ini bahwa di objek kita lakukan pengamanan. Sampai sekarang situasi masih terkendali dan tidak ada massa yang datang ke lokasi,” ujar Dwiyono di Jakarta, Kamis (19/10).

Menurutnya, pihaknya mendapat info bahwa akan ada aksi unjuk rasa di sekitar Alexis. Sehingga, dengan sigap pihak kepolisian melakukan pengamanan di sekitar lokasi yang rencananya akan digelar aksi.

“Adanya informasi sudah beredar di media sosial kami selaku Kapolres Jakarta Utara melakukan persiapan rencana aksi. Namun karena tidak ada izin atau pemberitahuan ke Polda, sampai saat ini di objek tidak ada aksi,” terangnya.

Saat ditanya mengenai penundaan aksi karena ada intimidasi dari pihak tertentu, Dwiyono mengaku belum tahu. Ia hanya tahu bahwa aksi yang rencananya digelar hari ini, belum mendapat surat izin dari Polda Metro Jaya.

“Kita nggak ada informasi itu. Untuk izin sementara dari Polda tidak ada, memang beredar informasi unjuk rasa, maka kita lakukan pengamanan di obyek,” kata Dwiyono.

Sebelumnya, Ketua Formaju Muhammad Yusuf mengatakan, aksi tersebut batal digelar karena pihaknya menerima ancaman. Sehingga, katanya, untuk menghindari kericuhan, akhirnya aksi tersebut ditunda.

“Untuk hari ini tidak jadi (menggelar aksi). Itu untuk menjaga keamanan seluruh pihak karena ada ancaman dan takut terkaji kericuhan yang besar,” ujar Yusuf di Jakarta.