WNA Malaysia Pemilik Koper Mencurigakan di Polda Metro Mengaku Suami Agnes Monica

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Nico AfintaNico Afinta (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Mapolda Metro Jaya sempat dibuat gempar pada Rabu (18/10) kemarin. Pasalnya, seseorang telah meninggalkan tas mencurigakan di sebuah pos di Mapolda Metro Jaya.

Direskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Nico Afinta mengatakan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap pria pemilik tas dan koper tersebut. Setelah diperiksa, akhirnya diketahui bahwa pemilik tas dan koper yang sempat membuat geger itu adalah seorang Warga Negara Malaysia.

“Kami tim Ditreskrimum Polda Metro Jaya telah melakukan pemeriksaan terhadap WNA Malaysia, yang kemarin meninggalkan tas mencurigakan terletak di depan pos wilayah Kantor Polda Metro Jaya,” ujar Nico di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (19/10).

WN Malaysia itu, kata Nico, mengaku kedatangannya ke Indonesia untuk mencari istrinya. Ia sempat melanglang buana ke beberapa kota di Indonesia, sebelum akhirnya sampai di Jakarta.

“Dari hasil pemeriksaan, yang bersangkutan mengaku masuk ke Indonesia tgl 11 Oktober 2017, masuk ke wilayah Batam kemudian terbang ke Yogyakarta dan Jakarta dalam rangka mencari istrinya,” jelas Nico.

Nasib kurang beruntung menimpa pria yang belakangan diketahui bernama Hairulanuar itu, sesampainya di Jakarta ia kehabisan uang. Sehingga ia harus menggelandang dengan tinggal di depan kantor Polda Metro Jaya atau wilayah di sekeliling SCBD.

Menurut Nico, demi memenuhi kebutuhannya, Hairulanuar akhirnya bergabung dengan sekelompok pengamen di sekitar Mapolda Metro Jaya. Hingga saat ini polisi tidak ditemukan tindak pidana dari pria tersebut.

“Kemudian langkah lebih lanjut, kami akan berkoordinasi dengan pihak imigrasi dan kedutaan besar Malaysia,” kata Nico.

Suami Agnes Monica

Nico juga menjelaskan, bahwa alasan Haerulanuar ke Indonesia adalah untuk mencari istrinya, yang bernama Agnes Monica. Oleh karena itu, polisi masih mencocokkan keterangannya.

“Dalam rangka mencari istrinya yang bernama Agnes Monica. Ia hanya menyampaikan mencari seseorang bernama Agnes Monica yang merupakan istrinya,” kata Nico.

Rencananya bila sudah lengkap prosesnya, Haerulanuar akan dipulangkan ke Malaysia. Pihak kepolisian, lanjut Nico, akan berkoordinasi dengan pihak kedutaan Malaysia untuk mengurus kepulangannya.

“Segera kami koordinasi dengan pihak kedutaan besar Malaysia, atau imigrasi untuk dipulangkan. Sementara ini kami sita ada paspor, kartu tanda warga negara Malaysia, dan beberapa nomor kartu bekas terpakai,” pungkasnya.