Pemimpin Kelompok Militan Pakistan Tewas Dihantam Drone

Pemimpin kelompok militan Pakistan Jamaat-ul-Ahrar Omar Khalid Khorasani. Foto Such TV
Pemimpin kelompok militan Pakistan Jamaat-ul-Ahrar Omar Khalid Khorasani. Foto Such TV

Islamabad,Sayangi.com – Pemimpin kelompok militan Pakistan Jamaat-ul-Ahrar, otak beberapa pemboman bunuh diri paling mematikan di Pakistan selama setahun terakhir, tewas hari Rabu (19/10/2017). Ia tewas  akibat luka yang diderita dalam serangan pesawat tak berawak AS di Afghanistan, ungkap seorang juru bicara.

Dikutip dari ndtv (20/10/2017),”Pemimpin kami, Omar Khalid Khorasani, terluka dalam serangan drone baru-baru ini di Afghanistan. Dia terluka parah, dan hari ini dia menjadi martir,” ucap Asad Mansoor, seorang juru bicara Jamaat-ul-Ahrar, kepada AFP melalui telepon.

Pembunuhan tersebut terjadi menjelang kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Rex Tillerson minggu depan dan kemungkinan akan meredakan ketegangan antara sekutu yang sering-waspada.

Bagaimanapun Islamabad telah meminta Washington selama bertahun-tahun untuk menargetkan militan yang menyerang di dalam Pakistan dan kemudian bersembunyi di perbatasan Afganistan.

Sebuah kelompok sempalan Taliban Pakistan, Jamaat-ul-Ahrar sebelumnya juga mendukung ISIS yang berbasis di Timur Tengah dan telah semakin menargetkan kelompok minoritas agama di Pakistan.

Kelompok tersebut mengaku bertanggung jawab atas pemboman Easter Sunday tahun lalu di sebuah taman umum. Pemboman tersebut yang menewaskan 70 orang, banyak di antaranya orang Nasrani di kota timur Lahore.