Wapres Hadiri Pertemuan Para Pemimpin KTT D-8 di Istanbul

Para pemimpin negara anggota KTT D8 berfoto bersama

Istanbul, Sayangi.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri sesi pertemuan para pemimpin negara-negera D-8 dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-9 di Istanbul Turki, Jumat pagi waktu setempat.

Bersama dengan para pemimpin-peminpin negara D-8 lainnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla akan membahas perkembangan ke depan D-8 yang telah berdiri sejak 20 tahun lalu.

Pertemuan D-8 yang beranggotakan Turki, Indonesia, Bangladesh, Pakistan, Iran, Malaysia, Nigeria dan Mesir. Dalam KTT Ke-9 ini juga dihadiri dua negara non anggota yaitu Azerbaizan dan Guinea, serta tujuh organisasi, UNIDO, OCI, IDB, IRCICA, ECO, SESRIC, BSEC.

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi pada Jumat pagi mengatakan, KTT D-8 ke-9 ini akan mengeluarkan Deklarasi Istanbul (Bosphorus) dan Rencana Aksi Istanbul.

Deklarasi lebih pada pernyataan politik para pemimpin dalam meningkatkan kerja sama kelompok D-8 di masa yang akan datang, sementara rencana aksi merupakan detail mengenai hal-hal kerja sama yang akan dilakukan, kata Menlu.

Ia mengatakan, kedua draft tersebut sebagai hasil dari KTT yang telah diselesaikan dalam pertemuan tingkat menteri yang digelar Kamis, dan telah diajukan ke sesi para pemimpin negara-negara D-8 dengan harapan dapat diadopsi.

Negara-negara yang tergabung dalam organisasi D-8 mewakili 13 persen penduduk dunia, dan 60 persen populasi Muslim di dunia, demikian dilaporkan kantor berita Antara.