Trump Berharap Presiden China Bisa Kendalikan Korea Utara

Foto Getty Image
Foto Getty Image

Washington,Sayangi.com- Presiden Amerika Serikat Donald Trump diperkirakan akan mendesak presiden China berbuat lebih banyak untuk mengendalikan Korea Utara.

Kedua pemimpin negara ini akan  bertemu bulan depan di Beijing. Trump berkeyakinan bahwa konsolidasi kekuasaan Xi Jinping seharusnya memberinya wewenang lebih untuk melakukannya.

Presiden Trump  akan bertolak dari AS pada 3 November dalam sebuah lawatan ke Jepang, Korea Selatan, China, Vietnam dan Filipina. Ini akan menjadi tur pertamanya di Asia sejak menduduki AS 1 pada bulan Januari.

Lawatan Trump ke negara Asia dengan satu dengan prioritas utama : Mencegah kebuntuan dengan Korea Utara di luar kendali.

Sementara Xi Jinping dalam Kongres Partai Komunis China diperkirakan akan berujung kemenangan dirinya guna mengkonsolidasikan kekuasaannya. Ia berpotensi mempertahankan kekuasaan hingga tahun 2022, ketika kongres berikutnya berlangsung.

Trump percaya bahwa Xi seharusnya lebih memiliki pengaruh untuk menangani masalah Korea Utara. “Pandangan presiden adalah Anda bahkan memiliki sedikit alasan,” kata seorang pejabat. “Dia tidak akan melangkah ringan.”

Trump ingin mendapatkan kerja sama yang serius dari China untuk meyakinkan Pyongyang untuk mengubah pikirannya. Atau membantu mencabut begitu banyak sumber daya sehingga tidak memiliki pilihan selain mengubah perilakunya, kata pejabat tersebut.

Trump telah menumpuk pujian pada Xi dalam beberapa pekan terakhir dengan harapan mendapatkan kerja sama China. Negara China telah membekukan perdagangan dengan Korut sesuai saksi Dewan Keamanan PBB

Dalam sebuah wawancara dengan reporter Fox Business Network Maria Bartiromo, Trump mengatakan bahwa dia ingin “menjaga hal-hal dengan sangat, sangat rendah” dengan Xi sampai pemimpin China muncul dari kongres partai.

“Saya yakin dia punya kekuatan untuk melakukan sesuatu yang sangat penting sehubungan dengan Korea Utara. Kita akan lihat apa yang terjadi. Sekarang dengan yang Xi katakan, kita siap untuk apapun. Kami sangat siap, seperti Anda tidak akan percaya, “kata Trump dalam wawancara, untuk penayangan pada hari Minggu.

Trump telah menunjukkan hinaan pahit dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Orang no 1 AS ini menggunakan pidatonya di Majelis Umum PBB  bulan lalu untuk menolak Kim sebagai “orang roket” dalam sebuah misi bunuh diri lantaran tes nuklir dan peluncuran rudal balistik yang dilakukan Kim Jong un berkali kali.

Presiden Donald Trump mengatakan jika terancam, Amerika Serikat akan “benar-benar menghancurkan” Korea Utara.

Kim dalam beberapa pekan terakhir mengatakan Amerika Serikat akan menghadapi “serangan yang tak terbayangkan” dari Korea Utara jika diprovokasi.

Kepala CIA Mike Pompeo mengatakan pada hari Kamis bahwa Korea Utara hanya perlu “berbulan-bulan”, untuk memukul Amerika Serikat dengan senjata nuklir.

Sumber: Reuters