ICW Dukung Pembentukan Densus Tipikor Tapi Masih Abu-Abu

Jakarta, Sayangi.com – Koordinator Divisi Monitoring Peradilan dan Hukum Indonesia Corruption Watch (ICW) Emerson Yuntho mengatakan, rencana Polri membentuk Densus Tipikor belum matang. Pada dasarnya, ICW mendukung dibentuknya Densus Tipikor tersebut, tapi Polri harus menjelaskan kewenangan dari badan baru bentukannya tersebut.

“Ini mirip-mirip sama KPK. Posisi ICW mendukung, tapi ini masih agak abu-abu,” ujar Emerson di sebuah acara diskusi di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (21/10).

Emerson juga menegaskan, jangan sampai pembentukan Densus Tipikor justru menambah masalah baru. Pasalnya, ICW memandang, pembentukan Densus Tipikor memiliki dua sisi mata uang yang harus diperhatikan.

“Jangan sampai pembentukan Densus Tipikor itu tidak hanya bisa menyelesaikan masalah, tapi juga menambah masalah,” tegasnya.

Lebih jauh Emerson menyarankan, sebaiknya Polri mematangkan rencananya membuat badan khusus penanganan korupsi itu. Pasalnya, hingga saat ini belum ada kajian akademik yang diajukan Polri.

“Selain itu, landasan hukum yang belum kuat, apakah pembentukan Densus Tipikor menggunakan keputusan presiden ataupun instruksi presiden,” katanya.

ICW, tutur Emerson, berharap pemerintah dapat turun tangan secara aktif dalam pembahasan pembentukan Densus Tipikor ini. Selain itu, ICW juga memberikan beberapa catatan untuk Polri agar Densus tersebut dapat bekerja secara maksimal.

.“Perlu ada kepastian, ini bebas dari intervensi. Harus dikaji lebih dalam, memperkuat diri sendiri, atau yang sudah ada,” tukasnya.