Jambore Kebangsaan dan Wirausaha, 4200 Peserta Sudah Hadir di Bumi Perkemahan Mandalawangi

Suasana persiapan pelaksanaan Jambore Kebangsaan dan Wirausaha di Bumi Perkemahan Mandalawangi, Cibodas, Selasa (24/10). (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Cianjur, Sayangi.com – Sekitar 4.200 peserta Jambore Kebangsaan dan Wirausaha sudah memadati tempat pelaksanaan acara di Bumi Perkemahan Mandalawangi, Cibodas, Selasa (24/10).

Para peserta tersebut merupakan kader dari 15 Organisasi Kemahasiswaan dan Pemuda (OKP) yang tergabung dalam Kelompok Cipayung plus. 15 OKP itu adalah, HMI, GMNI, PMKRI, GMKI, PMII, KAMMI, PERSIS, KMHDI, PP GPII, Hikmahbudhi, HIMMAH Al-Washliyah, SEMMI, Pemuda Muslimin, IPTI, dan GEMA Mathla’ul Anwar.

Ditemui di lokasi perkemahan, Selasa (24/10) petang, Ketua Panitia Agus Harta menjelaskan bahwa sebagian besar peserta Jambore yang akan berlangsung hingga 29 Oktober ini sudah hadir di lokasi perkemahan. Namun, sebagian lagi masih dalam perjalanan.

“Yang sudah datang ada sekitar 4.200 orang dari 34 Provinsi. Estimasi seluruh peserta 5000 orang, sisanya masih dalam perjalanan dan besok akan datang,” ujar Agus.

Registrasi Peserta

Panitia, kata Agus, telah mempersiapkan tenda untuk tempat menginap para peserta jambore. Selain itu, juga ada tenda utama berkapasitas 5.000 orang yang digunakan untuk coaching clinic atau mendengarkan ceramah dari sejumlah narasumber.

“Untuk penginapan kita siapkan 502 tenda, serta 60 tenda pleton yang kapasitasnya 40 sampai 50 orang per tenda. Juga ada tenda utama untuk ceramah umum yang bisa menampung 5000 peserta,” katanya.

Berdasarkan jadwal kegiatan yang disusun panitia, Jambore secara resmi akan dibuka pada Rabu (25/10) pagi oleh Presiden Joko Widodo.

Selama lima hari, peserta akan mengikuti berbagai kegiatan pelatihan, outbound, dan ceramah yang akan disampaikan oleh sejumlah tokoh. Diantaranya adalah Oesman Sapta Odang (Ketua DPD RI), Zulkifli Hasan (Ketua MPR RI), Tito Karnavian (Kapolri), Tjahjo Kumolo (Mendagri), Rini Soemarno (Menteri BUMN), Bahlil Lahadalia (Ketua BPP HIPMI), Yudi Latief (Ketua UKP Pancasila), Ignasius Jonan (Menteri ESDM), Imam Nahrawi (Menpora), Achmad Baiquni (Dirut BNI), Kartiko Wirjoatmodjo (Dirut Mandiri), George Hendrata (CEO Blibli.com), William Tanuwijaya (CEO Tokopedia), Arif Budimanta (Wakil Ketua KEIN), para tokoh Cipayung seperti Bursah Zanubi, Muhammad Yamin, Theo L. Sambuaga, dan Azis Syamsuddin.

Pengamanan Acara Jambore

Ditemui terpisah, Kapolres Cianjur AKBP Arif Budiman mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan pengamanan demi mendukung suksesnya acara. Apalagi, dalam kegiatan jambore tersebut akan hadir banyak pejabat dan petinggi negara.

“Jadi kita sudah dibagi menjadi dua pola, yang pertama pola perjalanan dari Bapak Presiden. Serta yang kedua, pola pengamanan di lokasi kita siapkan, untuk masing-masing pola sudah ditempatkan beberapa personil,” ujar Arif.

Pihak kepolisian, kata Arif, sudah mempersiapkan sekitar 700 personil untuk mengamankan pelaksanaan jambore, yang rencananya akan dihelat selama lima hari ini.

“Keseluruhan personil yg kita siapkan 756 orang, terdiri dari satu SSK Brimob dari Polda Jawa Barat, Dalmas dari Polda, kemudian satu pleton Rider, satu pleton dari Armed, kemudian satu pleton dari Kodim,” urainya.

Kapolres Cianjur AKBP Arif Budiman (kiri)

Saat ditanya mengenai pengalihan lalu lintas, Arif mengatakan tidak ada pengalihan. Pasalnya, setiap pejabat yang datang sudah mempersiapkan pengawalan masing-masing.

“Kalau pengamanan lalu lintas biasa saja ya, beliau-beliau itu kan juga dikawal dari Jakarta. Nggak ada pengalihan (lalu lintas),” ujarnya.