China dan Kuba Sepakati Perluasan Ekonomi Dan Perdagangan

Foto Granma.cu
Foto Granma.cu

Havana,Sayngi.com – Macan Ekonomi Asia, Tiongkok dan Kuba menandatangani lima kesepakatan kerja sama dan hukum. Kedua negara ini menegaskan kembali kesediaan kedua negara guna  memperkuat serta memperluas hubungan ekonomi dan perdagangan mereka Rabu (25/10).

Dilansir dari granma.cu (26/10) Menteri Perdagangan Luar Negeri dan Investasi Kuba, Rodrigo Malmierca, dan Duta Besar Tiongkok untuk Kuba Chen Xi,,telah menandatangani dokumen tersebut.

Selain Mou bilateral, dalam perjanjian ini juga berisi sumbangan satu juta dolar AS oleh pemerintah Tiongkok ke Kuba. Sumbangan tersebut guna membantu pemulihan daerah-daerah yang terkena dampak Badai Irma.

Kedua negara juga meresmikan jalur kredit baru yang diberikan oleh Tiongkok untuk merombak dan memodernisasi industri elektronik Kuba.

Terkait kerjasama bilateral tersebut Pejabat Kuba tersebut mengatakan bahwa kesepakatan baru ini merupakan pertanda “persahabatan dan persaudaraan” antara Tiongkok dan Kuba.

Malmierca menuturkan “Kesepakatan tersebut ditujukan untuk mendukung proses pemulihan kerusakan yang diakibatkan oleh Badai Irma. Tiongkok adalah salah satu negara pertama yang menyampaikan rasa duka cita dan keinginan untuk membantu.

Kedua belah pihak menandatangani sebuah dokumen pengiriman dan penerimaan bantuan kemanusiaan darurat yang diberikan oleh Tiongkok. Kiriman tersebut berupa barang-barang bantuan antara lain tenda, generator, kasur, selimut, pompa air, dan lampu penerangan.

Sementara itu Dubes China untuk Kuba Chen mengatakan dokumen dan kesepakatan hukum baru ini adalah “kesaksian tentang hubungan persahabatan yang ada antara kedua negara.”

“Segera setelah usai dampak badai Irma, pemerintah Tiongkok menyiapkan paket bantuan kemanusiaan yang bertujuan membantu keberhasilan Kuba dalam pemulihannya,” tambah dia.

Pada 2016, Tiongkok menjadi mitra komersial terbesar Kuba. Menurut Biro Statistik dan Informasi Kuba Perdagangan bilateral mencapai 2,5 miliar dolar AS.

Sumber:granma.cu