Presiden Jokowi Buka Rakernas Walubi 2017

Presiden Jokowi membuka Rakernas Walubi di Jakarta International Expo (JI-EXPO) Kemayoran, Jakarta, Kamis (16/10).

Jakarta, Sayangi.com – Presiden Joko Widodo menghadiri dan membuka rapat kerja Nasional (Rakernas) Perwakilan Umat Budha Indonesia (Walubi) tahun 2017 yang diselenggarakan di Jakarta International Expo (JI-EXPO) Kemayoran, Jakarta, Kamis.

“Saya sangat berbahagia sekali bisa bertatap muka dengan seluruh jajaran pengurus Walubi dari seluruh penjuru Tanah Air. Pertemuan-pertemuan seperti ini perlu terus kita lakukan,” kata Presiden dalam pidato pembukaan Rakernas Walubi.

Presiden mengaku bahwa dirinya pernah mengundang pengurus Walubi di istana dan hari Kamis bisa datang bertemu langsung dengan seluruh jajaran pengurus Walubi dari seluruh Indonesia.

“Saya sangat berbahagia sekali karena melalui pertemuan-pertemuan seperti ini, kita bisa mendiskusikan, mendialogkan, membicarakan tantangan-tantangan kebangsaan kita, yang kita hadapi baik sekarang baik hari ini maupun di masa masa yang akan datang,” katanya.

Presiden menyakini bahwa kebersamaan dan persaudaraan antarelemen bangsa, antarumat beragama, adalah fondasi bangsa dalam menghadapi setiap tantangan yang ada.

“Saya ingat salah satu nilai yang diajarkan oleh Buddha adalah Meta, pengembangan cinta kasih untuk diri sendiri, untuk orang lain dan bahkan untuk semua makhluk,” katanya.

Jokowi berharap dengan “meta” sebagai pondasi dalam membangun rasa persaudaraan, pondasi untuk membangun persahabatan, pondasi dalam membangun.

“Nilai-nilai itu yang saya percaya akan terus dipraktekkan oleh para umat Budha di Indonesia dan menjadi landasan membangun keharmonisan kita,” harapnya.

Jokowi juga yakin semangat cinta kasih dalam ajaran Budha bisa dilaksanakan secara horinzontal dengan cara membantu sesama.