Trump Ungkapkan Rusia “Sakiti” Upaya Amerika Serikat Lawan Korea Utara

Foto Daily Express
Foto Daily Express

Washington,Sayangi.com– Presiden AS Trump mengatakan bahwa hubungan buruk antara Moskow dan Washington menghambat kebijakan soal Korut. Trump, Rabu, 25 Oktober 2017, waktu setempat mengatakan.

Trump menyebutkan Rusia melukai Amerika ketika negaranya berupaya keras memyelesaikan masalah senjata nuklir Korea Utara. Sebaliknya Trump menilai Tiongkok telah membantu dalam penanganan masalah ini.

Dikulik dari Daily Mail,Jumat (27/10) dalam sebuah wawancara dengan Fox Business Network, Trump mengungkapkan akan lebih mudah menyelesaikan masalah nuklir Korea Utara jika Amerika Serikat memiliki hubungan yang lebih baik dengan Rusia.

“China membantu kita dan mungkin Rusia melewati jalan lain dengan menyakiti apa yang kita usahakan,” kata Trump saat ditanya tentang situasi Korea Utara.

Serangkaian tes senjata oleh Korea Utara dan serangkaian pertengkaran yang semakin sengit antara pemimpin Trump dan Korea Utara Kim Jong Un telah meningkatkan suhu ketegangan.

Trump telah meminta China untuk membantu mengendalikan program nuklir Korea Utara. China.  Seperti diketahui China satu-satunya sekutu utama Korea Utara. Negara China menyumbang lebih dari 90 persen perdagangan Korut yang terisolasi tersebut.

Trump mengatakan dalam sebuah tweet Kamis, (10/26) bahwa dia telah berbicara dengan Presiden China Xi Jinping. Trump juga melakukan pembicaraan dengan Xi melalui telepon mencakup masalah Korea Utara dan perdagangan.

Hubungan A.S.-Rusia menjadi memburuk setelah tuduhan bahwa Rusia mencampuri pemilihan presiden AA tahun 2016 lalu. Selain itu Aneksasi Moskow terhadap Krimea dari Ukraina. Serta dukungannya Rusia terhadap pemerintah Suriah juga menjadi faktor pemicu ketegangan.

“Saya pikir kita bisa memiliki hubungan yang baik” dengan Rusia, kata Trump. “Saya pikir situasi Korea Utara akan lebih mudah diselesaikan.”
Trump mengatakan selama kampanye tahun lalu dia berharap dapat memperbaiki hubungan dengan Moskow.