Tulisan Tips Kebahagian Albert Einstein Laku $.1,3 Juta

IlustrasiEmosi. Foto Daily Mail
Ilustrasi Emosi ,Foto Daily Mail

Yerusalem,Sayangi.com- Meskipun teori kebahagiaan Albert Einstein mungkin relatif, tapi teori itu dihargai 1,3 juta dolar pada sebuah lelang di Yerusalem, Selasa (24/10).

Balai lelang  telah menyerahkan renungan ilmuwan tahun 1922 kepada pembeli yang tidak diketahui. Catatan tersebut sebagian besar melampaui perkiraan harga sebelum lelang, yang ditempatkan di antara $ 5.000 dan $ 8.000. Harga $ 1,56 juta termasuk biaya pembeli, situs lelang menyata

Dikutip dari foxnews.com Sabtu (28/10) Gal Wiener, CEO rumah lelang tersebut, mengatakan penawaran tersebut dimulai pada harga $ 2.000 dan tawaran cepat membanjiri selama sekitar 25 menit. Wiener tidak akan mengungkapkan nama penjual atau pembeli catatan tersebut.

Ilmuwan pemenang Nobel tersebut menulis catatannya itu saat berada di Tokyo, sesaat setelah diberi tahu bahwa dia akan mendapatkan hadiah Nobel Fisika, kata Auctions and Exhibitions Winner.

Seorang portir tiba di kamarnya untuk mengantarkan barang dan Einstein tidak memiliki uang tunai untuk memberi tip kepadanya. Sebagai gantinya, ilmuwan itu memberinya secarik kertas dengan sebuah pesan.

Kehidupan yang tenang dan sederhana membawa lebih banyak kebahagiaan daripada mengejar kesuksesan yang dikombinasikan dengan kegelisahan yang terus-menerus, “bunyi catatan tersebut dalam bahasa Jerman.

Catatan kedua diserahkan ke portir yang sama, yang berbunyi, “Di mana ada kemauan di situ ada jalannya.” Catatan itu juga dijual di lelang seharga $ 240.000, kata Wiener. Dia juga tidak mengungkapkan siapa pembeli dan penjual dalam kasus ini.

Catatan kedua juga melampaui perkiraan pra-lelangnya, ditempatkan di antara $ 4.000 dan $ 6.000. Penawarannya dibuka dengan harga $ 1.000.

Penjual itu dilaporkan sebagai keponakan bellboy, lapor BBC. Meskipun catatn tersebut bukan karyanya yang paling terkenal, renungan ilmuwan tersebut menyoroti salah satu pemikiran modern yang hebat.

Renungan ilmuwan pemenang Nobel dalam catatan tulisan tangan itu mungkin tidak setenar teori relativitas terobosannya, tapi masih menyoroti salah satu pemikiran modern yang hebat.

Einstein memenangkan Hadiah Nobel dalam bidang fisika untuk teori relativitasnya. Dia meninggal pada 1955.