Lewis Hamilton Juara F1 Keempat Kali 

Lewis Hamilton memastikan gelar Juara F1 2017, meski hanya finish di urutan 9 di GP Mexico, Senin (30/10) dini hari WIB/Foto: BBC

Mexico, Sayangi.Com– Pebalap Mercedes asal Inggris, Lewis Hamilton, memastikan diri sebagai juara dunia Formula One (F1), meskipun hanya finis di posisi sembilan pada GP Mexico di Sirkuit Hermanos Rodriguez, Mexico City, Minggu (29/10) siang atau Senin dini hari WIB.

Ini adalah gelar juara FI keempat bagi Hamilton yang kini berusia 32 tahun. Dengan demikian, ia memecahkan rekor pembalap Inggris Sir Jackie Stewart, yakni tiga kali juara F1.

GP Meksiko sendiri dimenangkan pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen, dengan waktu 1 jam 36 menit 26,552 detik, unggul 19,678 detik dari peringkat kedua Valtteri Bottas (Mercedes) dan 54,007 detik atas posisi ketiga Kimi Raikkonen (Ferrari).

Hamilton finis di urutan kesembilan dan terpaut satu putaran penuh dari Verstappen, namun dua poin yang diperolehnya membuat poinnya menjadi 333 poin.

Walau masih ada dua seri balapan tersisa, yakni di Brasil dan Abu Dhabi, poin Hamilton sudah tidak bisa terkejar lagi oleh saingan terdekatnya, Sebastian Vettel, yang finish di Meksiko di tempat keempat dan mendapat tambahan 12 poin.

Hamilton dan Vettel sempat bertabrakan di putaran pertama dan keduanya harus kembali ke pit lebih awal. Hamilton harus mengganti bannya, sementara Vettel mengganti ban dan moncong tunggangannya.

Keduanya berusaha merebut kembali posisi yang hilang dari tangan mereka, namun Hamilton hanya berakhir di peringkat kesembilan, sedangkan Vettel bisa melaju hingga meraih tempat keempat.

Mantan juara F1, Niki Lauda -yang kini menjabat Direktur noneksekutif Mercedes- saat ditanya tentang insiden benturan itu menjawab, “Saya tidak tahu kenapa Sebastian menyetir amat agresif untuk merusak balapan dan Lewis. Lewis di depannya dan dia (Vettel) menabraknya di bagian sayap depan. Saya tidak bisa memahaminya.”