Pemilik Apple dan Pendiri Face Book Melawat Beijing

Dari ke kanan CEO Facebook Inc Mark Zuckerberg, Presiden China Xi Jinping dan Chief Executive Apple Inc,Tim Cook. Foto Financial Express
Dari ke kanan CEO Facebook Inc Mark Zuckerberg, Presiden China Xi Jinping dan Chief Executive Apple Inc,Tim Cook. Foto Financial Express

Shanghai, Sayangi.com – Chief Executive Apple Inc, Tim Cook dan CEO Facebook Inc Mark Zuckerberg bertemu dengan Presiden China Xi Jinping. Pertemuan tersebut terjadi pada hari Senin (30/10) di sebuah pertemuan tahunan penasihat sekolah bisnis Tsinghua di Beijing.

Dikutip dari nytimes (31/10) Jinping telah berbicara dengan para pemimpin bisnis dan pejabat pada pertemuan tersebut, kata siaran pemerintah China Central Television (CCTV). Cook dan Zuckerberg berada di dewan penasihat Sekolah Tsinghua Ekonomi dan Manajemen Beijing.

PPertemuan tersebut sangat penting bagi Apple, yang mempersiapkan peluncuran iPhone X pada Jumat, di tengah harapan ulang tahun ponsel pintar asal Amerika tersebut untuk dapat menghidupkan kembali penjualan di negara dengan ekonomi terbesar kedua dunia itu.

Sekolah bisnis Tsinghua, yang didirikan pada tahun 1984, telah melihat sejumlah pemimpin industri China dan luar negeri terkemuka duduk di dewan pengurusnya. Termasuk bankir besar China Zhou Xiaochuan dan CEO Goldman Sachs Lloyd Blankfein.

Facebook besutan Zuckerberg juga telah aktif kembali di China. Facebook sangat ingin mendapatkan jaringan sosial populernya agar tidak terblokir di negara berpenduduk paling banyak di dunia.

Seperti diketahui pemerintah China telah memblokir Facebook sejak 2009 . Di negara Tiongkok, peringkat  medsos Facebook berada di belakang Great Firewall besutan China.

Juru bicara Apple mengatakan perusahaan tersebut tidak dapat “mengomentari jadwal Tim dan atau rapat”. Namun pihak Facebook mengkonfirmasi Zuckerberg berada di Beijing.  Namun menolak memberikan komentar mengenai rincian kunjungan Zuckerberg.

Dalam sebuah posting di halaman Facebook-nya pada hari Sabtu, Zuckerberg menulis bahwa dia berada di Beijing untuk pertemuan tahunan tersebut. “Setiap tahun perjalanan ini merupakan cara terbaik untuk mengikuti laju inovasi dan kewirausahaan di China,” tulisnya.