Polisi Akan Gelar Perkara Terkait Dugaan Pelanggaran Proyek Reklamasi

Kombes Pol Adi Deriyan Jayamarta

Jakarta, Sayangi.com – Ditreskrimsus Polda Metro Jaya rencananya akan melakukan gelar perkara terkait dugaan pelanggaran reklamasi teluk Jakarta. Direktur Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Pol Adi Deriyan Jayamarta mengatakan, dalam satu atau dua hari mendatang pihaknya akan memanggil penyidik yang menangani kasus tersebut.

“Saya akan meminta kepada tim untuk kembali, kemudian akan lihat hasilnya maksimal atau tidak,” ujar Adi di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (1/11).

Pemanggilan para penyidik, kata Adi, guna mengetahui apa saja yang telah penyidik dapatkan dalam menggali dugaan pelanggaran reklamasi tersebut. Selain itu, pemanggilan dilakukan agar pihak Ditreskrimsus mengetahui apa saja kendala yang ditemui penyidik di lapangan.

“Ketika tidak maksimal, apa kendalanya untuk mengulik data, apa kesulitan dalam mengakses, apa kesulitan dalam berkomunikasi. Kalau itu ada kesulitan kita mencoba dengan data yang ada, apa bisa dilakukan tahapan yang lebih tinggi yaitu dari lidik ke sidik,” jelasnya.

Kedepannya, kata Adi, pihaknya kemungkinan akan memanggil saksi terkait kasus tersebut. Hal tersebut dilakukan agar pihaknya memperoleh tambahan data guna melengkapi berkas kasus itu.

“Tujuannya adalah untuk mengulik semua data, apakah ada sebuah hal yang terlanggar secara hukum. Kalau ada kita dalami, kalau tidak kita ambil langkah berikutnya,” tuturnya.

Lebih jauh Adi berjanji akan mendatangi pihaknya, bila sampai dua hari lagi belum ada perkembangan informasi terkait reklamasi. Pasalnya, sudah menjadi tugasnya untuk menyelesaikan dugaan pelanggaran proyek reklamasi itu.

“Kapan kerjanya kalau dia ke kantor terus. Saya berikan kebebasan mereka di lapangan, jadi tunggu informasi itu dua hari lagi,” pungkasnya.