Inilah Tujuh Orang Yang Kuasai Politik Tiongkok

Presiden China Xi Jinping bersama 6 orang kepercayaannya. Foto mydigitalfc
Presiden China Xi Jinping bersama 6 orang kepercayaannya. Foto mydigitalfc

Beijing,Sayangi.com- Bangkitnya ekonomi China telah mencetak peradaban baru di bidang Ekonomi. Naiknya ekonomi China merebut tatanan dunia yang dibesut oleh para pemimpinnya.

Saat ini tampuk pimpinan China Dipegang oleh XI Jinping yang didukung oleh enam orang kepercayaannya. Inilah tujuh nama yang menguasai politik negara “Tirai Bambu” ini :

Presiden China Xi Jinping/SCMP.com

1.Presiden Xi Jinping
Gagasan “Xi Jinping tentang sosialisme Cina di era modern” dimasukkan ke dalam garis besar haluan Partai Komunis. Ini maknanya Jinping akan membetoni kekuasaannya melebihitahun 2022.

Idealnya Ketua Partai Komunis Cina yang berusia 64 tahun ini seharusnya mengundurkan diri tahun ini. Tapi aturan tersebut tidak berlaku buat Xi Jinping.

Li Keqiang Perdana Menteri China. Foto Reuters
Li Keqiang Perdana Menteri China. Foto Reuters

2.Perdana Menteri Li Keqiang
Sebagai perdana menteri, Li yang kini berusia 62 tahun bertanggungjawab atas urusan ekonomi dan sosial. Ia termasuk otak di balik ambisi iklim Cina dan mendeklarasikan “perang” terhadap polusi udara di kota besar.

Selama masa jabatannya ia harus menyerahkan banyak kewenangan perdana menteri kepada Presiden Xi. Namun begitu Li dikenal sebagai sosok yang loyal terhadap Xi Jinping.

Li Zhanshu Kepala rumah Tangga Presiden Xi Jinping.Foto Sputnik
Li Zhanshu Kepala rumah Tangga Presiden Xi Jinping.Foto Sputnik

3. Kepala Rumah Tangga Presiden Li Zhanshu
Sebagai salah satu orang terdekat orang no 1 China, Li Zhansu dipercaya memimpin Komite Sentral PKC.

Di kalangan penduduk Cina ia digelari “kasim tertinggi” lantaran jabatannya sebagai kepala staf kepresidenan. Li berulangkali mengemban misi diplomasi ke luar negeri.

Ia diyakini akan menduduki jabatan sebagai sekretaris jendral Kongres Nasional Rakyat dalam beberapa tahun ke depan.

Zhao Leji. Foto xinhuanet
Zhao Leji Kepala Lembaga Anti Korupsi. Foto xinhuanet

4. Zhao Leji, Kepala Lembaga Anti Korupsi
Sejak tahun ini Zhao Leji memimpin Komite Sentral Pengawasan Disipliner. Ia bertugas menciduk para koruptor yang ada di tubuh partai.

Selama lima tahun sebelumnya ia memimpin Departemen Organisasi. Departemen ini bertugas   mengelola staf dan menentukan perjalanan karir semua anggota partai. Kedekatan Zhao dengan Xi Jinping dimulai sejak Zhao memimpin Partai Komunis di provinsi Shaanxi, tempat kelahiran Jinping.

Wang Yang Wakil PM China. Foto Dawn
Wang Yang Wakil PM China. Foto Dawn

5. Wang Yang, Wakil Perdana Menteri
Wang Yang merupakan sosok yang berdiri di balik kebijakan ekonomi dan perdagangan luar negeri Cina.

Ia adalah satu-satunya anggota baru di Komite Tetap Politbiro yang tidak tercatat sebagai orang dekat Xi Jinping. Wang merupakan orang kepercayaan Perdana Menteri Li Keqiang. Tugas Wan Yang diantaranya mengurusi hubungan dagang dengan Amerika Serikat.

Think tank Xi Jinping Wang Huning. Foto SCMP
Think tank Xi Jinping Wang Huning. Foto SCMP

6. Wang Huning, Otak Ideologi
Guru Besar Politik berusia 62 tahun ini memimpin Biro Studi Politik Partai Komunis Cina. Dalam posisinya Wang bertanggungjawab atas propaganda dan basis ideologi partai.

Wang Huning membesut dan mempopulerkan istilah “Mimpi Cina” yang menjadi mantra propaganda buat Xi Jinping. Sebelum mengabdi pada Xi, Wang sudah bekerja untuk Hu Jintao dan Jiang Zemin.

Han Zheng.Foto ABC
Han Zheng Ketua Partai Komunis Shanghai.Foto ABC

7. Han Zheng, Ketua Partai Komunis Shanghai
Selama 15 tahun terakhir, karier politik Han Zheng, mengurus kota Shanghai. Sebagai walikota ia banyak bekerjasama dengan Xi Jinping. Saat itu Jinping  mengambil alih  posisi sekjen partai di Shanghai pada 2007 silam.

Kedekatan itulah yang lantas membawan Han Zheng ke Komite Tetap. Kini pria berusia 63 tahun ini diplot untuk mengepalai Konferensi Konsultasi yang ikut menetapkan agenda politik di Shanghai.

Sumber: SMPC