Presiden Tiongkok dan Presiden Korea Utara Saling Bersurat

Foto The Economic Time
Foto The Economic Time

Beijing,Sayangi.com- Setelah hampir satu tahun tak berkomunikasi langsung,  Xi Jinping, akhirnya mengirimkan pesan langka ke  Kim Jong-un. Surat tersebut bermaksud guna memastikan penguatan kerja sama kedua negara ini.

“Saya harap pada situasi baru ini, China dan Korut, relasi kedua negara dapat lebih berkesinambungan dan stabil,” ujar Xi sebagaimana ditulis  kantor berita Korut, KCNA, Kamis (2/11).

Jinping menulis pesan ini saat membalas surat yang dikirimkan Kim. Orang terkuat di Korut ini berkirim surat saat China menggelar kongres lima tahunan partai berkuasa pada bulan lalu.

Dalam surat tersebut Kim mengucapkan selamat “yang tulus” bagi Xi yang kembali terpilih menjadi ketua Partai Komunis China.

Korespondensi para pemimpin mulai tumbuh kembali di tengah merenggangya hubungan kedua sekutu lama ini. Merenggangnya hubungan dua sekutu ini akibat ambisi rudal dan nuklir Pyongyang.

Tetapi juru bicara Kementerian Luar Negeri China menegaskan bahwa Jinping tidak hanya terima surat dari Kim. Masih ada sederet surat dari para pemimpin negara lain yang diterima Xi Jinping.
Di sisi lain, para analis mengatakan bahwa pertukaran pesan antara pemimpin China dan Korut kejadian langka.

Sebelumnya, pemimpin kedua negara hanya bertukar pesan untuk saling mengucapkan selamat atas hari kemerdekaan masing-masing.

Profesor Yang Moo-jin dari Universitas Studi Korea Utara mengatakan bahwa pertukaran pesan antara Jinping dan Kim menyiratkan kemauan kedua negara untuk memperkuat relasi bilateral.

sumber : AFP