Penderitaan Korea Utara Lahirkan Kuliner Tanpa Rasa Selera

Foto nytimes
Foto nytimes

Pyongyang,Sayangi.com- Pada dekade 1990an telah tejadi wabah kelaparan yang berkecamuk di Korea Utara. Hal ini  memaksa penduduk menciptakan penganan sederhana buat bertahan hidup.

Mulai dari daging buatan hingga permen yang terbuat dari cuka.  Inilah beberapa kuliner yang lahir dari bencana kelaparan tersebut

1.Pengganti Beras
“Selama wabah kelaparan, kami berusaha bertahan hidup dengan memakan kulit pohon pinus. Lalu kami memakan jagung yang dicampur beras dengan rasio 7:3 atau 5:5.

Sebelum saya meninggalkan Korea Utara, saya masih sempat memakan nasi putih. Tapi penduduk miskin hanya memakan jagung atau bubur jagung,” kata Cho Ui-Suing kepada Reuters. Dia melarikan diri ke Korea Selatan sejak 2014 silam.

2.Ampas Kedelai Menjadi Daging Buatan
Injogogi atau protein nabati bertekstur adalah “daging buatan” yang dimasak dari lapisan teratas produksi minyak kacang kedelai. Biasanya lapisan tersebut disisakan untuk pakan babi.

Tapi sejak wabah kelaparan melanda, penduduk mulai mengolah ampas minyak kedelai menjadi makanan sehari-hari.

Foto Reuters
Foto Reuters

3. Nasi Daging Saus Pedas atau disebut Injogogi
Nasi yang dibungkus alias daging buatan dari ampas kedelai inibisa digulung menjadi Injogogibab. Saus yang digunakan bisa beraneka ragam, sesuai tradisi kuliner masing-masing daerah. Ada yang membaluri dengan saus ikan atau saus pedas.

4. Biskuit Kenyal
Terbuat dari tepung, ragi dan gula, makanan serupa biskuit ini bertekstur keras di luar, namun kenyal di bagian dalam. Jika gula pasir sedang langka, penduduk terbiasa menggantinya dengan gula buah yang diambil dari anggur.

5.Nasi Bungkus Tahu
Dububab alias nasi tahu bisa ditemukan di hampir semua pasar tradisional Korea Utara. Penganan ringan ini berupa kulit tahu yang diisi nasi dan dibubuhi saus pedas. Dudubab mulai digemari penduduk Korea Utara ketika pemerintah negeri Komunis itu menghentikan pembagian makanan bersubsidi.

5.Kue Beras dari Tepung Jagung
Seokdujeon sering disebut kue cepat karena bisa dibuat selama beberapa menit tanpa perlu memanggang. Kue beras yang dibuat dengan tepung jagung ini merupakan salah satu penganan yang paling digemari di Korea Utara. Jagung sering digunakan oleh penduduk miskin Korut karena lebih murah ketimbang beras.

6.Permen Cuka
Sejak lama penduduk Korea Utara membuat permen sendiri. Alsatang adalah manisan rumahan yang dibuat dari gula dan cuka. Setiap tahun pemerintah di Pyongyang membagi-bagikan Alsatang kepada anak-anak sekolah untuk merayakan hari spesial. Seperti hari kelahiran Kim Il Sung setiap tanggal 15 April.

7.Permen Kacang Kedelai
Kongsatang alias permen keledai adalah manisan yang berbentuk serupa Popcorn. Makanan ini dibuat dari kacang kedelai yang telah dipanggang serta dibaluri dengan gula. Seperti juga Alsatang, Kongsatang sering dibagi-bagikan pemerintah Korea Utara pada hari-hari spesial.

8.Sosis Darah Babi
Sosis yang dibuat dari darah babi dan diisi dengan nasi dan sayur-sayuran ini diberi nama Sundae. Makanan ini digemari oleh penduduk di utara dan selatan.

Jenis Panganan serupa bisa ditemukan di Perancis, Boudin. Di negera Inggris makanan ini disebut Black Pudding atau santapan tradisional negeri Ratu Elizabeth.

Sumber Reuters and DW Radio