Aksi Buruh 10 November, Polri Siapkan 15 Ribu Personel Untuk Mengamankan

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono. (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Ribuan buruh rencananya akan menggelar aksi unjuk rasa di depan Istana Negara pada Jumat (10/11) besok. Aksi unjuk rasa yang digelar bertepatan dengan Hari Pahlawan itu menuntut peningkatan kesejahteraan buruh dan menolak upah murah.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, pihaknya telah menyiapkan pengamanan aksi. Belasan ribu personel telah disiapkan untuk mengamankan aksi, yang rencananya akan dihadiri 20 ribu buruh.

“Ada aksi besok sasaran di Istana, kita sudah buat rencana pengamanan. Ada sekitar 15 ribu lebih personel yang disiapkan, baik dari Polda samping maupun Mabes Polri,” ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (9/11).

Menurut Argo, buruh yang akan menghadiri aksi tersebut tidak hanya berasal dari Jakarta saja. Ada perwakilan buruh dari beberapa daerah di sekitar Jakarta, yang turut ambil bagian dalam aksi besok.

“Lalu dari buruh juga ada di luar Jakarta yang akan datang ke Jakarta, ada dari Banten, dan dari Jawa Barat juga,” jelasnya.

Sebagai langkah pengamanan, kata Argo, pihaknya telah menyiapkan personel dari berbagai satuan. Sehingga aksi buruh yang akan digelar besok tidak akan mengganggu kegiatan masyarakat.

“Makanya kita siapakan dari berbagai satuan fungsi polisi, sehingga kegiatan itu tak ganggu kegiatan masyarakat,” katanya.

Saat ditanya mengenai apakah ada pengalihan lalu lintas karena aksi besok, Argo belum dapat memastikan. Namun, pihaknya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas bila memang diperlukan.

“Nanti lalu lintas juga sudah disiapkan. Kalau harus dilakukan rekayaksa ya kita lakukan rekayasa lalu lintas, tapi untuk sementara sifatnya situasional,” paparnya.