Telusuri Keberadaan Novanto, Penyidik KPK Pertanyakan Hal Ini Kepada Aburizal Bakrie

Aburizal Bakrie

Jakarta, Sayangi.com – Pasca upaya penangkapan Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto oleh KPK, Novanto hilang bak ditelan bumi. Sejawatnya di Golkar dan di lembaga parlemen tidak mengetahui pasti, dimana keberadaan Ketua DPR RI itu sekarang.

Hal tersebut juga diamini oleh mantan Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie. Menurut pengusaha yang karib disapa Ical ini, dirinya sudah lama tidak berkomunikasi dengan Novanto.

“Mana saya tahu (keberadaan Novanto), nggak tahu kapan (terakhir komunikasi dengan Novanto), sudah lama,” ujar Ical di gedung KPK, Jakarta, Kamis (16/11).

Kedatangan mantan Menko Kesra ini ke KPK adalah untuk menemui penyidik KPK. Menurut Ical, penyidik mengajukan beberapa pertanyaan terkait partai Golkar dan sosok Novanto.

“Pertanyaannya tentang bagaimana tugas dan tanggung jawab sebagai Ketum Partai Golkar, lalu tentang organisasi partai,” jelasnya.

Selain masalah partai, kata Ical, penyidik juga menanyakan kasus KTP elektronik yang menjerat Novanto. Ia mengaku, sudah memberikan keterangan ke penyidik sesuai dengan yang ia tahu.

“Kemudian pertanyaan soal apakah mengetahui tentang e-KTP, itu saja,” katanya singkat.

Seperti diketahui, sejumlah penyidik KPK mendatangi kediaman Setya Novanto yang berada di Jalan Wijaya, Kebayoran Baru, pada Rabu (15/11) malam. Namun setelah penyidik melakukan penggeledahan, pria yang biasa disapa Setnov itu diketahui tidak berada di rumah.

Mulai Jumat (10/11) lalu, Novanto kembali berstatus tersangka untuk yang kedua kalinya dalam kasus e-KTP. Karena sebelumnya, status tersangka Novanto dianulir hakim praperadilan.