Beijing Tutup Sementara Jembatan Penghubung China-Korut

Foto Busines Insider
Foto Busines Insider

Beijing,Sayangi.com- Sebuah jembatan yang menyediakan hubungan antara China dan Korea Utara ditutup “sementara” lantaran pekerja di sisi Utara melakukan perawatan.

Hari Jumat kemarin melalui juru bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang, Beijing mengonfirmasikan  penutupan “Jembatan Persahabatan China-Korut”.

Jembatan tersebut akan ditutup sementara karena pihak DPRK (Korea Utara) perlu melakukan beberapa pekerjaan perbaikan dan perawatan,” kata juru bicara kementerian luar negeri China Geng Shuang kepada wartawan pada sebuah briefing berita reguler pada hari Jumat.

Penutupan itu akan berlangsung dalam “hari,” kata Geng, tanpa menentukan kerangka waktu agar pekerjaan selesai dan jembatan dibuka kembali. Jembatan yang menghubungkan dua negara ini melintasi Sungai Yalu di Kota Dandong, China.

Sekitar 70 persen perdagangan antara kedua negara ini dilakukan di kota Dandong, Cina timur laut tersebut. China adalah mitra dagang terbesar Korea Utara, namun telah mendukung serangkaian sanksi Perserikatan Bangsa-Bangsa terhadap Pyongyang mengenai kegiatan nuklir dan misilnya, yang mengikat hubungan antara sekutu era Perang Dingin.

Presiden AS Donald Trump telah mendesak rekannya dari China Xi Jinping untuk menggunakan pengaruh ekonominya untuk memberikan tekanan lebih besar pada negara Korea Utara dengan harapan bisa meninggalkan program senjata nuklirnya.

Sepertinya Beijing sendiri mulai frustrasi atas uji coba nuklir dan rudal rezim Kim Jong-un yang dapat memicu perang dan kekacauan ke perbatasan timur laut China.

sumber : dailymail.co.uk