Derby Manchester: City Bungkam MU 2-1

Pemain City merayakan gol David Silva (tengah) ke gawang Manchester United dalam laga Derby Manchester di Stadion Old Trafford, pada Minggu (10/12) malam/Foto: AFP

Manchester, Sayangi.Com– Manchester City membungkam Manchester United pada laga pekan ke-16 Liga Primer, yang berlangsung di stadion Old Trafford, Minggu (10/12) malam.

Tampil mendominasi sepanjang pertandingan, City memenangkan derby Manchester yang sarat gengsi tersebut dengan skor 2-1.

Dua gol The Citizens dicetak David Silva pada menit ke-43 dan Nicolas Otamendi di menit ke 54, sedangkan gol tunggal Setan Merah dicetak Marcus Rashford di masa injury time babak pertama.

Dengan kemenangan ini, Manchester City semakin kokoh berada di puncak klasemen dengan perolehan 46 poin hasil 15 kali menang dan hanya sekali seri. Sedangkan MU di posisi kedua tetap 35 poin hasil dari 16 laga, atau selisih 11 poin dari City.

City Dominan Sepanjang Pertandingan

City yang bermain sebagai tim tamu tampil dominan sepanjang pertandingan, terutama di babak pertama. Tampil tanpa striker asal Argentina, Sergio Aguero, tim asuhan Pep Guardiola ini sampai menit 35 babak pertama mencatatkan ball possesion 79 persen dengan enam peluang ke gawang lawan.

Melalui skema serangan operan pendek, barisan penyerang City terus menekan pertahanan rapat barisan belakang MU yang menerapkan strategi parkir bus sesuai arahan pelatih mereka, Jose Mourinho. MU praktis hanya menempatkan Romelu Lukaku di depan, yang tak bisa berbuat maksimal karena kurang mendapat suplai dari pemain tengah.

Setelah beberapa kali gagal memanfaatkan peluang, City akhirnya bisa menjebol gawang David de Gea pada menit ke-43 melalui gol yang dicetak David Silva.

Gol tersebut berawal dari tendangan sudut Kevin De Bruyne yang menimbulkan kemelut di depan gawang MU dan bola jatuh di depan Silva. Tanpa ampun, gelandang asal Spanyol yang kini mencukur rambutnya hingga plontos itu menceploskan bola lewat tendangan keras yang tak bisa dicegah David De Gea. Skor 1-0 untuk City.

Sayangnya, keunggulan City hanya berlangsung beberapa menit. Di masa injury time babak pertama, pemain belakang City Fabian Delph melakukan kesalahan dalam mengamankan bola di dalam kotak penalti sehingga dengan mudah dikuasai Marcus Rashford dan menceploskannya ke gawang City tanpa bisa dijaga kiper Ederson.

Dari tayangan RCTI yang menyiarkan langsung laga derby ini, Pep Guardiola terlihat kesal melihat gol yang disebabkan keteledoran barisan pertahanan anak asuhnya. Sebaliknya, para pemain dan offisial MU bersorak kegirangan karena dapat menyamakan skor di ujung babak pertama.

Di babak kedua, Jose Mourinho melakukan sedikit perubahan strategi dengan menginstruksikan anak asuhnya untuk bermain lebih terbuka dan menekan City. Permainan berlangsung lebih menarik, karena kedua tim melakukan jual beli serangan, meskipun tim tamu lebih mendominasi penguasaan bola.

Malapetaka bagi MU terjadi pada menit ke-54. Berawal dari tendangan bebas yang dilakukan David Silva, bola yang mengarah ke gawang De Gea disapu Lukaku namun membentur rekan sendiri dan mengarah ke Otamendi. Berdiri bebas tanpa pengawalan, pemain asal Argentina itu sukses menyontek bola ke dalam gawang De Gea, sekaligus membawa City unggul 2-1.

Menjelang akhir babak kedua, MU punya peluang emas untuk menyamakan skor melalui Lukaku yang sudah berhadapa dengan penjaga gawang Ederson. Sayang tendangan kerasnya membentur wajah Ederson, dan bola pantulannya juga gagal dikonversikan menjadi gol karena Ederson yang terlihat limbung masih bisa menepis tendangan kedua.

Penyelamatan gemilang Ederson menjelang akhir babak kedua

City pantas berterima kasih atas penyelamatan gemilang Ederson ini, yang bagian hidung dan wajahnya terlihat merah akibat terkena bola yang ditendang keras Lukaku dari jarak sekitar 3 meter. Setelah menjalani perawatan sejenak oleh tim medis, Ederson kembali melanjutkan permainan.

Keunggulan ManCity bertahan sampai wasit Michael Oliver yang memimpin jalannya pertandingan meniupkan peluit panjang. Statistik penguasaan bola menunjukkan tim tamu unggul dengan 64,7 persen.

Susunan pemain:

Manchester United: Devid De Gea; Marcos Rojo (Victor Lindeloef 46’), Chris Smalling, Antonio Valencia, Ashley Young, Jesse Lingard (Zlatan Ibrahimovic 76’), Nemanja Matic, Ander Herrera (Juan Mata 82’), Romelu Lukaku, Marcus Rashford, Anthony Martial

Manchester City: Ederson, Vincent Kompany (Ilkay Gundogan 46′), Nicolas Otamendi, Fabian Delph, Kyle Walker, Fernandinho, David Silva, Kevin De Bruyne, Gabriel Jesus (Eliaquim Mangala 59′), Leroy Sane (Bernardo Silva 88’), Raheem Sterling