Pelaut Perancis Pecahkan Rekor Mengelilingi Dunia Sendirian

Francois Gabart lebih cepat 6 hari dari rekor berlayar mengelilingi bumi sebelumnya/ Foto: AP

Paris, Sayangi.Com– Pelaut Perancis Francois Gabart, 34 tahun, telah memecahkan rekor pelayaran mengelilingi dunia sendirian.

Pada Minggu (17/12) pagi, Gabart menyelesaikan rangkaian pelayarannya mengelilingi bumi sendirian dalam waktu 42 hari, 16 jam, 40 menit, dan 35 detik. Ini berarti lebih cepat 6 hari dari rekor sebelumnya yang dibuat rekan senegaranya, Thomas Coville, tahun lalu.

Panitia, yang mengikuti pelayarannya melalui satelit, mengatakan bahwa Gabart yang berusia 34 tahun itu mencapai garis finish dekat pulau Quessant di lepas pantai barat Perancis dengan perahu trimarannya yang diberi nama “Macif”.

Perahu bernama “Macif” yang ditumpangi Francois Gabart disambut para pendukungnya saat akan merapat ke daratan/AP

Para pendukung menunggu untuk merayakan prestasinya di Brest, di dekat tempat ia finish, sebuah kota pelabuhan bersejarah di Barat Perancis, dari mana ia berangkat tanggal 4 November dan di mana penduduk mengikuti perjalanannya.

Francois Gabart disambut rekan-rekannya di kota pelabuhan Brest, Perancis Barat, usai memecahkan rekor pelayaran keliling dunia sendirian/Foto: AP

Dikutip dari The Guardian, rekor baru Gabart masih akan diverifikasi oleh Dewan Rekaman Kecepatan Pelayaran Dunia, yang akan memeriksa data GPS kapal sebelum mengkonfirmasi hasilnya.