Anies Baswedan Dukung Penambahan Dua Lantai Rumah Sakit Indonesia di Gaza

Geisz Chalifah dan dr. Jose Rizal (kedua dan ketiga dari kiri) beserta tim Mer C saat audensi dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, di Balai Kota Jakarta, Senin (18/12) sore

Jakarta, Sayangi.Com– Perwakilan dari Medical Emergency Rescue Committe (MER C) yang antara lain terdiri dari dr Jose Rizal, dr Benyamin, Ir Faried Thalib, Ir Luly Agiel, dan Geisz Chalifah,┬ámelakukan audensi ke Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, di Balai Kota Jakarta, Senin (18/12) sore.

Usai pertemuan tersebut, aktifis MER C Geisz Chalifah mengungkapkan, Anies Baswedan mendukung sepenuhnya rencana MER C untuk membangun tambahan dua lantai rumah sakit Indonesia di Gaza City, Palestina.

“Bagus. Indonesia harus peduli dan memberi bantuan nyata pada warga Palestina yang saat ini sedang menderita,” kata Geisz, mengutip pernyataan Anies.

Menurut Geisz, bangunan rumah sakit Indonesia di Gaza yang telah beroperasi sejak tahun lalu, terdiri dari dua lantai dan setengah lantai basement. Kapasitas yang tersedia saat ini hanya 100 tempat tidur untuk rawat inap. Namun, setelah rumah sakit Indonesia dijadikan sebagai rumah sakit rujukan di Jalur Gaza bagian utara, pasien yang berkunjung rata-rata 300 sampai 400 orang per hari sehingga tidak terlayani dengan baik.

Karena itulah, kata Geisz, MER C berencana membangun tambahan dua lantai pada rumah sakit Indonesia di Gaza beserta tambahan tempat tidur dan peralatan kesehatan yang diperlukan, khususnya untuk merawat para korban kekerasan tentara Israel.

“Saat ini kita sudah siap dengan perencananaan baik dari sisi arsitektur maupun rencana anggaran yang dibutuhkan. Yang agak lama adalah hal teknis untuk mendapat akses masuk ke Gaza,” kata Geisz.