Kabar Gembira : Awal 2018 Saudi Arabia Luncurkan Visa Tourist

Ilustrasi Visa Tourist Arab Saudi.Foto Sidetrip
Ilustrasi Visa Tourist Arab Saudi.Foto Sidetrip

Riyadh, Sayangi.com- Arab Saudi akan mulai mengeluarkan visa turis pada awal tahun 2018, kata pejabat pariwisata. Hal ini merupakan langkah pertama untuk kerajaan dalam melaksanakan reformasi ekonomi dan sosial.

Pangeran Sultan bin Salman bin Abdulaziz mengatakan kepada AFP bahwa “semua persetujuan pemerintah” diterapkan untuk meluncurkan visa elektronik tahun depan kepada “semua warga negara yang negaranya mengizinkan warganya untuk mengunjungi” Arab Saudi.

“Kami sekarang baru saja mempersiapkan peraturan Visa Tourist. Siapa yang berhak mendapatkan visa dan cara mendapatkannya,” tambah kepala Komisi Pariwisata dan Warisan Budaya Saudi, yang juga putra Raja Salman.

Langkah untuk membuka sektor pariwisata merupakan pergeseran besar bagi Arab Saudi. Putra Mahkota Mohammed Bin Salman berusaha untuk secara radikal merombak ekonomi ketergantungan minyak dan melepaskan citra ultra konservatifnya.

Terlepas dari jutaan Muslim yang melakukan perjalanan ke Arab Saudi setiap tahunnya untuk ziarah haji, sebagian besar pengunjung menghadapi proses yang sulit dan biaya yang mahal untuk memasuki Arab Saudi.

Saat ini Arab Saudi telah memberikan visa turis untuk sejumlah negara tertentu. Namun visa tersebut mencakup batasan tinggal, termasuk persyaratan untuk melakukan perjalanan melalui perusahaan yang terakreditasi dan menginap di hotel yang ditunjuk.

Pangeran Sultan mengatakan biaya visa turis baru belum diselesaikan, namun menekankan bahwa hal itu akan “serendah mungkin, karena kami yakin dampak ekonomi kumulatif lebih besar daripada uang tunai dari visa”.

Sumber: straitstimes.com