Sambut Kunjungan Netanyahu, India Borong 131 Rudal dari Israel

Foto The Wire
Foto The Wire

New Delhi,Sayangi.com– India akan membeli 131 rudal darat ke udara dari Israel dalam kesepakatan senilai $ 70 juta. Informasi tersebut disampaikan Kementerian Pertahanan pada hari Selasa (2/1) menjelang kunjungan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Rudal Barak yang dibuat oleh Rafael Advanced Defense Systems akan digunakan untuk kapal induk India pertama yang sedang dibangun. Netanyahu akan memimpin delegasi bisnis ke India dalam perjalanan empat hari yang dijadwalkan pada pertengahan Januari.

Israel telah menjadi pemasok pertahanan utama ke India. Israel menjual peralatan pertahanan ke India rata-rata $ 1 miliar peralatan militer setiap tahunnya.

Bulan April lalu kedua negara menandatangani sebuah kesepakatan militer senilai hampir $ 2 miliar. Pasokan tersebut mencakup beberapa tahun untuk pembelian rudal menengah dan teknologi komunikasi. Tidak dijelaskan apakah kesepakatan yang diumumkan Selasa adalah bagian dari itu.

Selain diatas, Kementerian pertahanan India juga¬† telah menyetujui pembelian 240 bom dari JSC Rosonboron Ekspor Rusia seharga $ 188 juta. “Pengadaan ini akan mengatasi kekurangan amunisi dengan panduan presisi di gudang senjata Angkatan Udara India (IAF), selain meningkatkan kemampuan ofensif IAF,” ungkap Kemenhan India dalam sebuah pernyataan.

India, yang telah lama memiliki perselisihan teritorial dengan tetangganya China dan Pakistan, telah menandatangani beberapa kesepakatan pertahanan besar sejak Perdana Menteri Narendra Modi berkuasa pada 2014.

Namun,kebijakan India telah beralih dari mengandalkan sekutu tradisional Rusia menjadi pendukung perangkat militernya.

sumber: tribune.com.pk