Ridwan Kamil-UU Ruzhanul Ulum Paslon Pertama Mendaftar ke KPU Jabar

Paslon Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul Ulum didampingi istri masing-masing saat tiba di Kantor KPU Jabar, Bandung, Selasa (9/1)/Foto: Antara

Bandung, Sayangi.Com– Calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) dan Uu Ruzhanul Ulum menjadi pasangan calon (paslon) pertama yang mendaftar sebagai peserta Pilkada Jabar 2018 ke KPU Provinsi Jawa Barat di Jalan Garut, Bandung, Selasa (9/1).

Mereka mendaftar sekitar pukul 10.00 WIB, setelah sebelumnya mengikuti acara doa bersama di Stadion Sidolig pada pukul 08.00 WIB.

Pasangan Emil dan Uu datang ke KPU Jabar dengan didampingi istri masing-masing. Mereka diantar oleh ratusan pengurus dan kader parpol pendukung, yakni Partai NaDem, PPP, PKB dan Hanura.

“Di hari Selasa kami Rindu, Ridwan-Uu, sudah mendaftarkan diri sebagai calon gubernur dan wakil gubernur. Dua format berkas sudah lengkap, format dukungan dan format masing-masing calon sudah dilengkapi,” kata Ridwan Kamil, usai menyerahkan berkas pencalonan ke KPU Jabar.

Ketua KPU Jawa Barat Yayat Hidayat dalam sambutannya mengatakan bahwa pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat bukan sekedar proses politik untuk meraih kekuasaan, tapi juga ajang belajar berdemokrasi.

“Pemilu di Jabar merupakan pemilu tingkat provinsi terbesar di dunia. Lebih dari Australia dan Kanada, atau setara Spanyol,” katanya.

Ia mengungkapkan harapan menjadikan pemilihan kepala daerah Jawa Barat sebagai wahana wisata politik dan edukasi demokrasi. “Harus bisa dinikmati oleh semua. Bisa ditonton enak, seperti teater atau Liga Champion,” katanya.

Ridwan Kamil dan Uu akan menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin pada Kamis.