Gagal Mencapai Orbit Satelit Mata Mata Milik AS Diyakini Lenyap

Foto CBC.ca
Foto CBC.ca

Washington,Sayangi.com- Satelit mata-mata AS yang diluncurkan dari Cape Canaveral, Florida, di atas sebuah roket SpaceX pada hari Minggu gagal mencapai orbit dan diasumsikan sebagai kerugian total. Dua pejabat berwenang memberi penjelasan singkat mengenai misi tersebut pada hari Senin (8/1).

Satelit intelijen rahasia, yang dibangun oleh Northrop Grumman Corp, gagal memisahkan diri dari roket Falcon 9 tahap kedua. Kondisi ini diperkirakan membuat pesawat terjun ke laut, ungkap kedua pejabat tersebut,yang enggan menyebut namanya. Satelit tersebut diasumsikan “musnah,” kata salah satu pejabat tersebut.

Hilangnya satelit yang diperkirakan pertama kali dilaporkan oleh Wall Street Journal. Northrop Grumman membangun satelit bernilai miliaran dolar, yang diberi kode nama Zuma. Grumman juga bertanggung jawab untuk memilih kendaraan peluncuran SpaceX Falcon 9, kata kedua pejabat tersebut. Investigasi sedang dilakukan, namun tidak ada indikasi awal adanya sabotase atau gangguan lainnya, ungkap kedua pejabat AS tersebut.

Juru bicara SpaceX James Gleeson mengatakan: “Kami tidak mengomentari misi alam ini. Namun ulasan data saat ini menunjukkan Falcon 9 dilakukan secara matematik.

Pada bulan Mei tahun lalu. ” Space Exploration Technologies Corp, yang dipimpin oleh pengusaha Elon Musk, berhasil meluncurkan satelit pertamanya untuk militer AS dengan roket Falcon 9.

sumber: ndtv.com