Pejabat Teras Taliban Afganistan Kunjungi Pakistan

Ilustrasi Kantor Taliban di Doha Qatar. Foto BBC
Ilustrasi Kantor Taliban di Doha Qatar. Foto BBC

Islamabad,Sayangi.com– Pemberontakan Taliban telah secara diam-diam mengirim negosiator politik ke Pakistan dari kantor yang berbasis di Qatar di tengah dorongan diplomatik baru untuk mendorong perundingan damai antara pihak-pihak dalam perang Afghanistan.

Delegasi yang terdiri dari tiga anggota Taliban dipimpin oleh Shahabuddin Dilawar. Ia merupakan anggota senior yang berkantor di Doha, saat ini berada di Islamabad. Media setempat melaporkan pada hari Selasa namun pejabat Pakistan belum menanggapi laporan tersebut.

Sumber-sumber diplomatik di ibu kota mengatakan kepada VOA bahwa mereka “mengetahui” kedatangan pejabat Taliban, namun mereka menolak untuk berspekulasi tentang misi mereka. “Izinkan saya memeriksa dan jika saya mendapatkan informasi, saya akan kembali dan membaginya dengan Anda,” kata juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid saat VOA meminta konfirmasi dan tujuan kunjungan delegasi pemberontak ke Pakistan.

Kantor resmi Taliban pada hari Selasa mengeluarkan sebuah pernyataan di mana mereka kembali mengajukan agenda untuk terlibat dalam setiap pembicaraan damai Afghanistan. “Emirat Islam (Taliban) sedang mencari jalan keluar dari pendudukan asing dan implementasi sistem Islam di negara ini.

Namun┬ápihak lain (pemerintah Afghanistan) tidak memiliki strategi yang jelas dan hanya membuat klaim kosong tentang perundingan damai,” kata pernyataan tersebut kepada awak media.

Pernyataan tersebut mengecam klaim resmi yang tidak berdasar yang melaporkan para perunding Taliban pergi ke Turki minggu ini untuk melakukan pembicaraan awal dengan pemerintah Afghanistan.

sumber : VOA News